ArabicEnglishIndonesian

PENGUKUHAN GURU BESAR SERTA PELANTIKAN WAKIL REKTOR, DEKAN DAN WAKIL DEKAN UNIVA MEDAN

Pengukuhan guru besar dan pelantikan wakil rektor dan dekan univa medan

Share This Post

Prof. Dr. Ir. Elli Afrida, M.P., dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Agroteknologi. Pengukuhan dilakukan secara langsung oleh Rektor UNIVA Medan, Assoc Prof. Dr. H. M Jamil, M.A., dalam rapat terbuka senat yang dilaksanakan di gedung aula Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan, sabtu (06/08/22)

Acara dilanjutkan dengan pelantikan Wakil Rektor, Dekan, dan Wakil Dekan Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan dan peluncuran/launching Kalender Hijriah oleh Al Jam’iyatul Washliyah.

Turut hadir Ketua umum PB Al Jam’iyatul Washliyah, Dr. KH. Masyhuril Khamis, S.H, M.M, Sekjen PB AW, Dr. H. Ir. Amran Arifin, M.M., MBA., Ketua Majelis pendidikan PB AW, H. Ridwan Tanjung, S.H., M.Si., Kepala lembaga layanan pendidikan tinggi wilayah I Sumut, Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si., Pengurus Wilayah Al Jam’iyatul Washliyah Sumatera utara, BPH Universitas Al Washliyah Medan, para pimpinan universitas, dan keluarga besat pimpinan fakultas, dan sivitas akademika Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan.

Ketua senat membuka rapat senat terbuka untuk melangsungkan acara pengukuhan, dilanjutkan dengan Pembacaan Surat keputusan manteri, pendidikan, kebudayaan, riset, teknologi, dan pendidikan tinggi RI yang dibacakan oleh Sekretasis Senat, Dr. Riduan Harahap, M. Pd.I.

Dalam pengukuhan yang berlangsung Prof. Dr. Ir. Elli Afrida, M.P., menyampaikan pidato berjudul Perbaikan Sifat Tanah dan Optimasi Produksi Kedelai Pada Lahan Kering.

Prof. Elli menjelaskan bahwa kedelai merupakan salah satu tanaman pangan utama di Indonesia sebagai sumber protein nabati yang diolah menjadi susu, tempe, tahu, kecap, dan lainnya.

“Kebutuhan masyarakat terhadap kedelai semakin meningkat, namun produksi kedelai tidak dapat memenuhi permintaan tersebut.  Oleh sebab itu, Indonesia mengimpor kedelai dari berbagai negara dan Indonesia tercatat sebagai 10 besar pengimpor kedelai padahal negara kita adalah negara agraris.” tuturnya.

lanjutnya, optimasi produksi kacang kedelai dengan penggunaan pupuk organik hasil pabrikasi akan semakin efektif jika dikombinasikan dengan kompos dari berbagai bahan in-situ sepeti kompos jerami padi. Aplikasi pupuk organik petroganik hasil pabrikasi dapat meningkatkan jumlah polong per tanaman.

“berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dengan semakin tingginya dosis aplikasi kompos jerami padi maka akan semakin meningkat kandungan C-organik tanah tersebut. Keadaan ini sangat menguntungkan tanaman kedelai yang ditanam pada tanah bekas sawah. Dengan adannya bahan organik di dalam tanah, sangat berpengaruh dalam memperbaiki sifat fisik dan biologi tanah dan menunjang pertumbuhan tanaman.” Papar Prof. Elli dalam pidatonya.

Pengukuhan guru besar dan pelantikan wakil rektor dan dekan univa medan

pengukuhan guru besar dan pelantikan dekan univa medan

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua LLDikti Wilayah I Sumatera Utara, Prof. Ibnu Hajar, M.Si., dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa Universitas Al Washliyah Medan semakin berkembang pesat.

pengukuhan guru besar dan pelantikan dekan univa medan

Beliau sangat mengapresiasi kepada guru besar yang dikukuhkan hari ini. “Semoga segala pencapaian yang telah diraih saat ini membawa kemaslahatan bagi Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan dalam mengembangkan ilmu pendidikan di negeri ini ” paparnya.

“Tolong belikan sebuah kelapa, belikan satu, dua, tiga, atau empat, jabatan bu Elli bukan jabatan biasa, amanah negara untuk buat UNIVA hebat.” tutup Prof. Ibnu Hajar dalam sambutannya.

Selanjutnya, Acara dilanjutkan dengan pelantikan wakil rekor, dekan, dan wakil dekan Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan, dan diteruskan dengan pengambilan Sumpah Jabatan dan Penendatanganan Naskah Sumpah Jabatan, diikuti dengan pembacaan Kata-Kata Pelantikan serta Sambutan oleh ketua umum PB Al Jam’iyatul Washliyah, Dr. KH. Masyhuril Khamis, S.H., M.M.

pelantikan dekan univa

Rektor UNIVA Medan, Dr. H.M Jamil, M.A dan Ketua Umum Pengurus Besar Al Jam’iyatul Washliyah. Dr. KH. Masyhuril Khamis, S.H., M.M., menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya untuk pengabdian selama ini dan berharap agar pejabat yang baru dilantik dapat mewujudkan kinerja instansi dalam memenuhi visi dan Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan untuk menjadi Universitas yang Mumtaz, unggul, tangguh, profesional, dan islami.

pelantikan dekan univa medan

pelantikan dekan univa medan

pelantikan dekan univa medan

pelantikan dekan univa medan

pelantikan dekan univa medan

pengukuhan guru besar dan pelantikan dekan univa medan

Acara dilanjutkan dengan peluncuran/launching Kalender Hijriah oleh Al Jam’iyatul Washliyah dan peluncuran 10 tahun Almanak Hijriah Al Washliyah 1445 H sampai dengan 1455 H oleh lembaga hisab dan rukyat Al Jam’iyatul Washliyah.

pelantikan dekan univa medan

pelantikan dekan univa medan

pelantikan dekan univa medan

Acara ditutup dengan doa bersama dan diteruskan dengan pemberian ucapan selamat kepada para pejabat terlantik beserta pendampingnya dan sesi foto bersama sivitas akademika UNIVA Medan dan Pengurus Besar Al Jam’iyatul Washliyah.

Share This Post

BERITA LAINNYA

Leave a Reply

Your email address will not be published.