Search
Close this search box.

UNIVA MEDAN PERKUAT TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI MELALUI PENGEMBANGAN GLOBAL COMPETENCE DOSEN BERSERTIFIKASI

Share This Post

Medan, (12/9/23) – Universitas Al Washliyah kembali menunjukkan komitmennya dalam memajukan dunia pendidikan tinggi Indonesia melalui program Pendidikan Bahasa Indonesia yang unggul. Langkah ini sejalan dengan upaya memperkuat tri dharma perguruan tinggi, terutama pada Indikator Kinerja Utama (IKU) 3 dan IKU 4.

Salah satu aspek yang menjadi sorotan adalah peningkatan kompetensi profesional dosen program studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Para dosen diberikan kesempatan dan pengalaman belajar melalui program sertifikasi, yang hasilnya diakui baik di tingkat nasional maupun internasional. Ini merupakan langkah penting dalam memastikan bahwa proses pendidikan yang diselenggarakan selalu berkualitas dan relevan dengan perkembangan zaman.

Namun, yang lebih menarik adalah komitmen program studi Pendidikan Bahasa Indonesia dalam mengembangkan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Program ini membuka peluang untuk memasukkan mata kuliah BIPA dalam kurikulumnya. Ini bukan hanya melengkapi kurikulum dengan keberagaman, tetapi juga membuka pintu untuk kerjasama internasional yang luas.

Kerjasama dengan Balai Bahasa Sumatera Utara memungkinkan mahasiswa program studi ini mendalami Bahasa Indonesia secara lebih mendalam, memperluas wawasan mereka dalam bahasa dan budaya Indonesia. Ini juga membuka peluang kerjasama dengan universitas-universitas luar negeri yang menaruh perhatian pada Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.

Untuk memastikan kualitas pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, program studi Pendidikan Bahasa Indonesia membuat program untuk melatih dosen tetap dengan sertifikasi APPBIPA (Afiliansi Pengajar dan Penggiat Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing). Harapannya, ini akan menghasilkan lulusan yang mampu menjadi pengajar Bahasa Indonesia yang kompeten bagi Penutur Asing.

Tujuan Pengembangan Global Commpetence Dosen Bersertifikasi

Pengembangan dosen bersertifikasi appbipa

Pengembangan kompetensi global dosen bersertifikasi juga memiliki tujuan lain, yaitu:

  • Meningkatkan Jumlah Dosen Bersertifikasi: Dengan meningkatkan jumlah dosen yang memiliki sertifikasi kompetensi/profesi yang diakui oleh industri dan dunia kerja, universitas memastikan bahwa tenaga pengajar berkualitas tinggi siap untuk membimbing dan mendidik mahasiswa.
  • Mengembangkan Kurikulum MBKM: Dengan keberadaan jumlah dosen yang memadai dengan sertifikasi, program studi Pendidikan Bahasa Indonesia dapat membuka mata kuliah BIPA yang relevan dan bermanfaat bagi mahasiswa. Ini juga mendukung perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
  • Dosen Tersertifikasi APPBIPA: Melalui program ini, dosen bisa terdaftar sebagai anggota tersertifikasi APPBIPA, yang merupakan pengakuan resmi sebagai pengajar dan penggiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing.

Dengan berbagai langkah ini, Universitas Al Washliyah menegaskan komitmennya dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan memberikan kontribusi yang lebih besar kepada masyarakat, industri, dan dunia internasional.

More To Explore