Search
Close this search box.

Kajian Dhuha di Masjid Jamik UNIVA Medan

Share This Post

Medan, Senin 26 April 2021 – Civitas Akademika Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan & BKM Masjid Jamik UNIVA Melaksanakan Kajian Dhuha Setiap Harinya Selama Bulan Suci Ramadan

Kegiatan Pengajian Dhuha kali ini dibawakan oleh Wakil Dekan I Fakultas Agama Islam, Bapak Dr. Muhammad Riduan Harahap yang bertemakan Kewajiban dan Adab Pendidikan. Kajian ini membahas tentang 8 kewajiban dan sekaligus Etika yang harus dijaga oleh setiap pendidik yang bersumber dari kitab Ihya Ulumuddin Imam Al Ghazali, dari 8 kewajiban ada 3 poin yang dibahas, yaitu :

1. Kewajiban untuk mencintai murid-muridnya
Wajib kepada para pendidik untuk memperlakukan mencintai murid-muridnya dan memperlakukan mereka seperti memperlakukan anak kandungnya sendiri.

2. Mengajar semata-mata karena Allah Swt dan dalam rangka Taqarrub kepada Nya
Pendidik tidak boleh untuk memprioritaskan bayaran, bahkan tidak boleh meminta-minta hadiah dan pujian dari murid-muridnya. Prioritas utama dalam mengajar seharusnya semata-mata untuk Allah Swt, dan dalam rangka taqarrub kepadaNya.

3. Kewajiban Menghormati dan menjadi pendorong bagi disiplin ilmu-ilmu lainnya.
Menghormati disiplin ilmu lainnya menjadi kewajiban untuk semua pendidik, Hendaknya seorang pendidik tidak mempunyai perasangka buruk terhadap disiplin ilmu lainnya.

 

More To Explore