Medan, Senin 26 April 2021 – Civitas Akademika Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan & BKM Masjid Jamik UNIVA Melaksanakan Kajian Dhuha Setiap Harinya Selama Bulan Suci Ramadan

Kegiatan Pengajian Dhuha kali ini dibawakan oleh Wakil Dekan I Fakultas Agama Islam, Bapak Dr. Muhammad Riduan Harahap yang bertemakan Kewajiban dan Adab Pendidikan. Kajian ini membahas tentang 8 kewajiban dan sekaligus Etika yang harus dijaga oleh setiap pendidik yang bersumber dari kitab Ihya Ulumuddin Imam Al Ghazali, dari 8 kewajiban ada 3 poin yang dibahas, yaitu :

1. Kewajiban untuk mencintai murid-muridnya
Wajib kepada para pendidik untuk memperlakukan mencintai murid-muridnya dan memperlakukan mereka seperti memperlakukan anak kandungnya sendiri.

2. Mengajar semata-mata karena Allah Swt dan dalam rangka Taqarrub kepada Nya
Pendidik tidak boleh untuk memprioritaskan bayaran, bahkan tidak boleh meminta-minta hadiah dan pujian dari murid-muridnya. Prioritas utama dalam mengajar seharusnya semata-mata untuk Allah Swt, dan dalam rangka taqarrub kepadaNya.

3. Kewajiban Menghormati dan menjadi pendorong bagi disiplin ilmu-ilmu lainnya.
Menghormati disiplin ilmu lainnya menjadi kewajiban untuk semua pendidik, Hendaknya seorang pendidik tidak mempunyai perasangka buruk terhadap disiplin ilmu lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *