PENGARUH PEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SWASTA TANJUNG ANOM KECAMATAN HAMPARAN PERAK KAB. DELI SERDANG

Authors

  • Ronal Mahmud. s Prodi Pendidikan matematika, STKIP Amal Bakti, Indonesia
  • Ilham Nazaruddin Prodi Pendidikan PGSD, STKIP Amal Bakti, Indonesia
  • Sriwati Sriwati Prodi Pendidikan PGSD, STKIP Amal Bakti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i3.387

Keywords:

First Learning Media, Student learning, Motivation, Mathematics Learning Outcome

Abstract

Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Swasta Tanjung Anom, Kecamatan Hamparan Perak, Kab. Deli Serdang Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan STKIP AMAL BAKTI. Penelitian ini bertujuan 1)Untuk mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV sd Swasta Tanjung Anom, kecamatan hamparan perak, kab. Deli Serdang tahun pelajaran 2020/2021. 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV sd Swasta Tanjung Anom, kecamatan hamparan perak, kab. Deli Serdang tahun pelajaran 2020/2021. 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV sd Swasta Tanjung Anom, kecamatan hamparan perak, kab. Deli Serdang tahun pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV sd Swasta Tanjung Anom, kecamatan hamparan perak, kab. Deli Serdang tahun pelajaran 2020/2021. Untuk memperoleh data yang diperlukan pada penelitian ini digunakan teknik tes dan non tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pengujian terhadap instrument yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian prasyarat sebelum menggunakan uji MANOVA yaitu dengan uji homogenitas dan normalitas, kemudian pengujian hipotesis dengan MANOVA. Sebelum angket dan tes diberikan kepada peserta didik yang menjadi sampel penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji validitas instrument untuk mengetahui instrument tersebut valid atau tidak. Angket dan soal tes yang sudah dinyatakan layak oleh validator, selanjutnya diuji cobakan kepada peserta didik kelas V di SD Swasta Tanjung Anom, kecamatan hamparan perak, kab. Deli Serdang yang berjumlah 28 peserta didik yang telah menerima materi KPK untuk mengetahui tingkat validitas dan reabilitas angket dan soal te. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan media dakota terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Swasta Tanjung Anom, kecamatan hamparan perak, kab. Deli Serdang.

 

Downloads

Published

2022-11-21

How to Cite

Mahmud. s, R., Nazaruddin , I. ., & Sriwati , S. . (2022). PENGARUH PEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SWASTA TANJUNG ANOM KECAMATAN HAMPARAN PERAK KAB. DELI SERDANG. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(3), 78–86. https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i3.387

Issue

Section

Articles