STUDI LITERATUR PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Authors

  • Tiara Simanjuntak Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Al-Washliyah Medan, Indonesia
  • Minta Ito Simamora Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Al-Washliyah Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i3.375

Keywords:

Think-Pair-Share (TPS), Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan:(1) untuk mengkaji secara literatur pengaruh positif model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan untuk mengetahui (2) untuk mengetahui apakah soal kemampuan komunikasi matematis siswa sesuai dengan indikator. Lokasi penelitian dilaksanakan di Perpustakaan Daerah Sumatera Utara jalan Brigjen Katamso No.45 K, Sei Mati, Medan Maimun. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi pustaka (library research) yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini diambil dari 6 jurnal mengenai pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan 2 skripsi mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil penelitian: (1) Terdapat pengaruh positif model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (2) Soal-soal yang diterapkan telah sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematis siswa.

Downloads

Published

2022-11-14

How to Cite

Simanjuntak, T. ., & Simamora, M. I. . (2022). STUDI LITERATUR PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA . OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(3), 61–72. https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i3.375

Issue

Section

Articles