PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i3.371Keywords:
Concept Understanding Ability, Contextual Taeching and Learning (CTL)Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap kemampuan pemahaman konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Takengon. Penelitian ini dilakukan di Kelas VIII SMP Negeri 4 Takengon dengan total jumlah siswa 116, dan terdiri dari 5 kelas. Cara pengambilan sampel peneliti menggunakan purposive sampling untuk menunjuk kelas tertentu sebagai sampel, dan didapatkan kelas yang menjadi sampel adalah kelas VIII4 sebanyak 24 siswa. Desain penelitian menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design Penggumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara tes dan observasi, sedangkan untuk pengukurannya menggunakan uji hipotesis dengan uji-t untuk melihat pengaruh. Berdasarkan hasil perhitungan di dapat nilai > atau 48,606 > 2,068, maka Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh secara signifikan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Takengon
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Leni Agustina Daulay

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.