PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Authors

  • Leni Agustina Daulay Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, Intitute Agama Islam Negeri Takengon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i3.371

Keywords:

Concept Understanding Ability, Contextual Taeching and Learning (CTL)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap kemampuan pemahaman konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Takengon. Penelitian ini dilakukan di Kelas VIII SMP Negeri 4 Takengon dengan total jumlah siswa 116, dan terdiri dari 5 kelas. Cara pengambilan sampel peneliti menggunakan purposive sampling untuk menunjuk kelas tertentu sebagai sampel, dan didapatkan kelas yang menjadi sampel adalah kelas VIII4 sebanyak 24 siswa. Desain penelitian menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design Penggumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara tes dan observasi, sedangkan untuk pengukurannya menggunakan uji hipotesis dengan uji-t untuk melihat pengaruh.  Berdasarkan hasil perhitungan di dapat nilai  >  atau 48,606 > 2,068, maka Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh secara signifikan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Takengon

Downloads

Published

2022-11-07

How to Cite

Daulay, L. A. . (2022). PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(3), 45–53. https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i3.371

Issue

Section

Articles