Pengembangan Modul Ajar Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa pada Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i3.817Keywords:
Development modules, Inquiry, Problem solving, Mathematics learning, Educational innovationAbstract
Pengembangan modul ajar berbasis inkuiri menjadi salah satu inovasi pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian bertujuan merancang dan mengembangkan modul ajar berbasis inkuiri yang efektif, menarik, dan sesuai kebutuhan siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari siswa sekolah menengah pertama (SMP). Hasil uji coba menunjukkan bahwa modul ajar berbasis inkuiri mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa secara signifikan. Modul ini memberikan pengalaman belajar yang interaktif, menantang, dan berpusat pada siswa, sehingga mendorong mereka untuk aktif mengeksplorasi konsep matematika dan menerapkan strategi pemecahan masalah secara sistematis. Temuan diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan bahan ajar yang inovatif dan mendukung pembelajaran yang lebih bermakna bagi siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yusnika Yusnika, Tina Sari, Siswadi Siswadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.