Pengembangan Modul Ajar Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Nur Rahmi Rizqi Universitas Alwashliyah Medan
  • Yusnika Yusnika Universitas Alwashliyah Medan
  • Tina Sari Universitas Alwashliyah Medan
  • Clarine Aurellia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Fina Meilini Panduwinata Tanjung Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i3.817

Keywords:

Development modules, Inquiry, Problem solving, Mathematics learning, Educational innovation

Abstract

Pengembangan modul ajar berbasis inkuiri menjadi salah satu inovasi pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian bertujuan merancang dan mengembangkan modul ajar berbasis inkuiri yang efektif, menarik, dan sesuai kebutuhan siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari siswa sekolah menengah pertama (SMP). Hasil uji coba menunjukkan bahwa modul ajar berbasis inkuiri mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa secara signifikan. Modul ini memberikan pengalaman belajar yang interaktif, menantang, dan berpusat pada siswa, sehingga mendorong mereka untuk aktif mengeksplorasi konsep matematika dan menerapkan strategi pemecahan masalah secara sistematis. Temuan diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan bahan ajar yang inovatif dan mendukung pembelajaran yang lebih bermakna bagi siswa.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Rizqi, N. R., Yusnika, Y., Sari, T. ., Aurellia, C., & Tanjung, F. M. P. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa pada Pembelajaran Matematika. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(3), 123–130. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i3.817

Issue

Section

Articles