Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Linear: Identifikasi Pola Kesalahan dan Implikasi Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i3.754Keywords:
Kesalahan Siswa, Sistem Persamaan Linear, Pemahaman KonsepAbstract
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal aljabar linear. Metode yang digunakan adalah analisis kesalahan yang dilakukan terhadap jawaban siswa pada berbagai jenis soal aljabar linear, yang mencakup penyelesaian persamaan linear satu variabel, sistem persamaan linear dua variabel, dan aplikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari. Hal ini melibatkan siswa sekolah menengah atas sebagai subjek penelitian, yang diberikan serangkaian soal untuk diselesaikan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif untuk mengidentifikasi pola kesalahan yang umum terjadi, seperti kesalahan dalam pengaplikasian rumus, kesalahan aritmetika sederhana, atau kesalahan dalam memahami pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar kesalahan siswa terjadi karena kurangnya pemahaman konsep dasar aljabar linear, kurangnya latihan yang memadai dalam mengerjakan soal, serta kesalahan dalam proses berpikir logis. Implikasi dari hasil ini adalah perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih mendalam dalam konsep-konsep aljabar linear dan peningkatan latihan dalam menyelesaikan berbagai jenis soal.
Downloads
Published
2024-11-30
How to Cite
Tarigan, A. M. D. ., & Tasyah, N. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Linear: Identifikasi Pola Kesalahan dan Implikasi Pembelajaran. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(3), 159–164. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i3.754
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Anjeli Malika Devani Tarigan, Nur Tasyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.