Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Linear: Identifikasi Pola Kesalahan dan Implikasi Pembelajaran

Authors

  • Anjeli Malika Devani Tarigan Universitas Alwashliyah Medan
  • Nur Tasyah Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i3.754

Keywords:

Kesalahan Siswa, Sistem Persamaan Linear, Pemahaman Konsep

Abstract

  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal aljabar linear. Metode yang digunakan adalah analisis kesalahan yang dilakukan terhadap jawaban siswa pada berbagai jenis soal aljabar linear, yang mencakup penyelesaian persamaan linear satu variabel, sistem persamaan linear dua variabel, dan aplikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari. Hal ini melibatkan siswa sekolah menengah atas sebagai subjek penelitian, yang diberikan serangkaian soal untuk diselesaikan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif untuk mengidentifikasi pola kesalahan yang umum terjadi, seperti kesalahan dalam pengaplikasian rumus, kesalahan aritmetika sederhana, atau kesalahan dalam memahami pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar kesalahan siswa terjadi karena kurangnya pemahaman konsep dasar aljabar linear, kurangnya latihan yang memadai dalam mengerjakan soal, serta kesalahan dalam proses berpikir logis. Implikasi dari hasil ini adalah perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih mendalam dalam konsep-konsep aljabar linear dan peningkatan latihan dalam menyelesaikan berbagai jenis soal.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Tarigan, A. M. D. ., & Tasyah, N. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Linear: Identifikasi Pola Kesalahan dan Implikasi Pembelajaran. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(3), 159–164. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i3.754

Issue

Section

Articles