Analisis Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII-SMP IT Nurul Hadina Deli Serdang tentang Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
DOI:
https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i3.753Keywords:
Pemahaman Matematis, Persamaan LinearAbstract
Persamaan linear adalah persamaan aljabar yang tiap sukunya mengandung konstanta, atau perkalian konstanta dengan variabel tunggal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman matematika siswa kelas VIII SMP IT NURUL HADINA Deliserdang pada konsep persamaan linear. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa lembar soal. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis dengan lembar jawaban. Tes yang digunakan untuk memberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang kemampuan pemahaman matematis siswa, sedangkan tes tertulis digunakan untuk mengetahui kemampuan peserta didik terhadap soal yang telah diberikan kepada peserta didik. Hal yang diperoleh adalah siswa yang berkemampuan tinggi memiliki kemampuan pemahaman matematis tinggi dengan presentasi 65%, sedangkan peserta didik berkemampuan sedang memiliki kemampuan pemahaman matematis rendah dengan persentase 25%. Dengan kata lain, peserta didik yang berkemampuan tinggi memiliki kemampuan pemahaman matematis tinggi atau di atas rata-rata sedangkan siswa berkemampuan sedang memiliki kemampuan pemahaman matematis rendah atau di bawah rata-rata.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti khairina, Sherly Aprillia, Dela Puspita, Desniarti Desniarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.