Mengidentifikasi Hambatan Siswa dalam Pembelajaran Matriks: Perspektif Kualitatif dari Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i3.751Keywords:
Learning Difficulties, MatrixAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal matriks. Matriks merupakan salah satu konsep dasar dalam matematika yang memiliki aplikasi luas dalam berbagai bidang, termasuk ilmu komputer, fisika, dan ekonomi. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menerapkan konsep ini. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan 100 siswa dari beberapa sekolah menengah atas yang diberikan serangkaian soal matriks. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis hasil kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa terutama terletak pada pemahaman konsep dasar matriks, operasi matriks, dan penerapan dalam konteks nyata. Selain itu, faktor-faktor seperti kurangnya motivasi, metode pengajaran yang kurang efektif, dan ketidakpahaman terhadap simbol-simbol matematika juga berkontribusi terhadap kesulitan ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik untuk merancang strategi pengajaran yang lebih efektif dalam mengajarkan materi matriks, serta membantu siswa mengatasi kesulitan yang mereka hadapi. Metode yang dilakukan Ada tiga tahapan prosedur yang dilalui yaitu persiapan, pelaksanaan dan analisis soal pada matriks yang di kerjakan oleh siswa. Teknik pengumpulan menggunakan dokumentasi,data tertulis dan wawancara. Instrument yang digunakan adalah foto, lembar tes tertulis dan lembar catatan di lapangan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nadia Novita Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.