Mengidentifikasi Hambatan Siswa dalam Pembelajaran Matriks: Perspektif Kualitatif dari Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Nadia Novita Sari Universitas Alwasliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i3.751

Keywords:

Learning Difficulties, Matrix

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal matriks. Matriks merupakan salah satu konsep dasar dalam matematika yang memiliki aplikasi luas dalam berbagai bidang, termasuk ilmu komputer, fisika, dan ekonomi. Namun,  banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menerapkan konsep ini. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan 100 siswa dari beberapa sekolah menengah atas yang diberikan serangkaian soal matriks. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis hasil kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa terutama terletak pada pemahaman konsep dasar matriks, operasi matriks, dan penerapan dalam konteks nyata. Selain itu, faktor-faktor seperti kurangnya motivasi, metode pengajaran yang kurang efektif, dan ketidakpahaman terhadap simbol-simbol matematika juga berkontribusi terhadap kesulitan ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik untuk merancang strategi pengajaran yang lebih efektif dalam mengajarkan materi matriks, serta membantu siswa mengatasi kesulitan yang mereka hadapi. Metode yang dilakukan Ada tiga tahapan prosedur yang dilalui yaitu persiapan, pelaksanaan dan analisis soal pada matriks yang di kerjakan oleh siswa. Teknik pengumpulan menggunakan dokumentasi,data tertulis dan wawancara. Instrument yang digunakan adalah foto, lembar tes tertulis dan lembar catatan di lapangan.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Sari, N. N. (2024). Mengidentifikasi Hambatan Siswa dalam Pembelajaran Matriks: Perspektif Kualitatif dari Sekolah Menengah Atas. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(3), 140–146. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i3.751

Issue

Section

Articles