Analisis Pemahaman Konsep Perkalian Matriks Dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Hardian Pratama Mahasiswa Universitas Alwashliyah
  • Dewi Angraini Universitas malikussaleh, Indonesia
  • Melda Afif Universitas malikussaleh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i3.749

Keywords:

Understanding the Concept, Matrix Multiplication , Mathematics Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep perkalian matriks dalam pembelajaran matematika di kalangan siswa sekolah menengah atas. Pemahaman yang kuat terhadap konsep dasar perkalian matriks sangat penting karena matriks merupakan bagian integral dari berbagai bidang matematika terapan, termasuk sistem persamaan linear dan transformasi geometris. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara dan tes tertulis sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar perkalian matriks, terutama dalam hal aturan baris dan kolom serta aplikasi dalam situasi nyata. Temuan ini mengindikasikan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan visual untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian matriks.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Pratama, H., Angraini, D., & Afif, M. (2024). Analisis Pemahaman Konsep Perkalian Matriks Dalam Pembelajaran Matematika. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(3), 152–158. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i3.749

Issue

Section

Articles