PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN

Authors

  • Israq Maharani Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan
  • Khairin Nawangsih Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i2.483

Keywords:

STAD, Pemecahan Masalah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang di ajar dengan model kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan empat tahapan yang harus dilalui, yaitu: (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan; (3) Pengamatan; (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada SMP Negeri 3 Tanjung Beringin pada kelas VIII-2 dengan jumlah yang terdiri dari 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pnerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pokok bangun segiempat setelah siklus II.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Maharani, I. ., & Nawangsih, . K. . (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(2), 91–97. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i2.483

Issue

Section

Articles