ETNOMATEMATIKA KESENIAN RAMPAK BEDUG DAN KETERKAITANYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Nurlifna Ramadan Universitas Sultan Ageung Tirtayasa
  • Heni Puji Astuti Universitas Sultan Ageung Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.482

Keywords:

Etnomathematics, Rampak Bedug, Mathematics Learning

Abstract

Budaya merupakan hasil olah rasa,karya,cipta manusia, sedangkan matematika, adalah suatu ilmu yang berhubungan dengan benda-benda dan pikirin yang abstrak. Etnomatematika merupakan hasil aktivitas matematika yang memiliki konsep-konsep matematika yang hadir untuk menjembatani antara Pendidikan dan budaya. Sumber belajar matematika dapat memanfaatkan budaya sebagai media  pembelajaran. Melalui  kesenian rampak bedug akan dapat  memberikan wawasan pembelajaran berbasis Etnomatematika.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterkaitan kesenian rampak bedug pada pembelajaran matematika dan menunjukan bahwa dalam kesenian rampak bedug mengandung unsur-unsur  matematika.  Metode  penelitian  yang  digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi,wawancara,dokumentasi dan studi Pustaka. Teknikanalisis data yang dilakukan yaitu reduksi data,penyajian data dan penarikan kesumpulan. Dan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan,triangulasi, pengamatan  serta  bahan  referensi.Hasil  eksplorasi  menunjukan dalam kesenian rampak bedug mengandung unsur-unsur matematika diantaranya konsep geometri bangun datar dan ruang yaitu segi empat,persegi panjang,lingkaran,tabung,kubus.

Downloads

Published

2023-11-21

How to Cite

Ramadan, N. ., & Astuti, H. P. . (2023). ETNOMATEMATIKA KESENIAN RAMPAK BEDUG DAN KETERKAITANYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 98–104. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.482

Issue

Section

Articles