PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 101787 PEMATANG JOHAR

Authors

  • Putri Mayang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Medan
  • Bunga Cantika Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Medan
  • Dela Sucitra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Medan
  • Putri Rahma Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Medan
  • Dian Rani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i2.471

Keywords:

Kedisiplinan, Korelasi, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini membahas terkait bagaimana ikatan korelasi antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa kelas V di SD NEGERI 101787 Pematang Johar , dengan adanya hubungan antara kedisiplinan dan hasil belajar tersebut dicari juga seberapa besar hal tersebut memengaruhi proses pembelajaran, apakah sepenuhnya Proses Belajar Mengajar itu terjalin dari kedisiplinan dan berapa persenkah siswa yang terpengaruhi oleh kegiatan tersebut. Dan peneliti juga berkesempatan untuk menggunakan pendekatan kuantitatif yang dimana penelitian ini menghasilkan simpulan teliti dengan mengunakan rumus SPSS yang dirangkum dengan pengumulan angket, tes, observasi dan lain-lain. Pendekatan kuantitatif pun dilaksanakan agar tidak merusak proses pembelajaran sebelumnya yang sudah terstruktur. Dengan dua jenis penelitian ini peneliti ingin mencari ada atau tidaknya korelasi dari dua variabel. populasi kemungkinan yang gagal dalam pembelajaran akibat tidak disiplin adalah 45% dari siswa dan ada 25% yang terganggu akibat teman yang tidak disiplin sehingga mereka pun kerap tidak mengerti pembelajaran. dari penelitian ini didapat bahwa ada perbedaan signifikan dari tanggapan siswa saat mereka menjalankan proses belajar mengajar dengan disiplin dan tidak.

Downloads

Published

2023-05-25

How to Cite

Mayang, P. ., Cantika, B. ., Sucitra, D. ., Rahma, P. ., & Rani, D. . (2023). PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 101787 PEMATANG JOHAR. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(2), 56–64. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i2.471

Issue

Section

Articles