ETNOMATEMATIKA: ANALISIS KONSEP MATEMATIKA PADA AKTIVITAS MEMBACA RATIB AL-HADDAD

Authors

  • Fitri Apriliawati Apriliawati Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Heni Pujiastuti Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i2.468

Keywords:

Etnomatematika, Konsep Matematika, Ratib Al-Haddad

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep matematika pada aktivitas pembacaan Ratib Al-Haddad. Penelitian dilaksanakan di Pesantren Darus Sholah, Desa Babat, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan etnografi, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Pemilihan subyek sumber data pada penelitian ini dilakukan dengan purposive dengan subyek dalam penelitian ini yaitu seorang ustadz yang membimbing santri saat membaca Ratib Al-Haddad dan seorang santri yang paham mengenai informasi yang dibutuhkan dan dapat bercerita secara detail. Observasi dilakukan saat santri membaca Ratib Al-Haddad setiap Jumat setelah shalat dhuha. Teknik analisa data berdasarkan pendapat Miles dan Huberman yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa matematika tidak hanya berada pada ruang lingkup kelas saja, tetapi ada pada aktivitas sehari-hari. Konsep-konsep matematika tersebut telah diterapkan oleh masyarakat, namun masyarakat belum memahaminya. Konsep-konsep matematika pada aktivitas membaca Ratib Al-Haddad meliputi nilai modus pada statistika, pola bilangan, dan bilangan pecahan. Pembelajaran mengenai statistika dan pola bilangan dipelajari oleh siswa kelas 8 SMP, sedangkan bilangan pecahan dipelajari oleh siswa kelas 3 SD.

Downloads

Published

2023-05-29

How to Cite

Apriliawati, F. A., & Pujiastuti, H. . (2023). ETNOMATEMATIKA: ANALISIS KONSEP MATEMATIKA PADA AKTIVITAS MEMBACA RATIB AL-HADDAD. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i2.468

Issue

Section

Articles