ETNOMATEMATIKA: ANALISIS KONSEP MATEMATIKA PADA AKTIVITAS MEMBACA RATIB AL-HADDAD
DOI:
https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i2.468Keywords:
Etnomatematika, Konsep Matematika, Ratib Al-HaddadAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep matematika pada aktivitas pembacaan Ratib Al-Haddad. Penelitian dilaksanakan di Pesantren Darus Sholah, Desa Babat, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan etnografi, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Pemilihan subyek sumber data pada penelitian ini dilakukan dengan purposive dengan subyek dalam penelitian ini yaitu seorang ustadz yang membimbing santri saat membaca Ratib Al-Haddad dan seorang santri yang paham mengenai informasi yang dibutuhkan dan dapat bercerita secara detail. Observasi dilakukan saat santri membaca Ratib Al-Haddad setiap Jumat setelah shalat dhuha. Teknik analisa data berdasarkan pendapat Miles dan Huberman yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa matematika tidak hanya berada pada ruang lingkup kelas saja, tetapi ada pada aktivitas sehari-hari. Konsep-konsep matematika tersebut telah diterapkan oleh masyarakat, namun masyarakat belum memahaminya. Konsep-konsep matematika pada aktivitas membaca Ratib Al-Haddad meliputi nilai modus pada statistika, pola bilangan, dan bilangan pecahan. Pembelajaran mengenai statistika dan pola bilangan dipelajari oleh siswa kelas 8 SMP, sedangkan bilangan pecahan dipelajari oleh siswa kelas 3 SD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fitri Apriliawati Apriliawati, Heni Pujiastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.