PEMANFAATAN PAPAN DAKOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA DI SMA AL-WASHLIYAH PASAR SENEN MEDAN

Authors

  • Minta Ito Simamora Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i1.452

Keywords:

Papan DAKOR, Pemahaman Konsep

Abstract

Papan DAKOR adalah suatu alat peraga yang terbuat dari kardus dan kertas kado. Papan ini diberi nama DAKOR karena papan ini difungsikan untuk materi yang berkaitan dengan koordinat. Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan pemahaman konsep fungsi linear di SMA Al-Washliyah Pasar Senen Medan dengan menggunakan bantuan pendidikan Papan DAKOR untuk siswa kelasnya. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTK). PTK yaitu proses di mana masalah pembelajaran di kelas dipelajari melalui refleksi diri dan upaya dilakukan untuk memecahkan masalah ini dengan menerapkan berbagai permasalahan fungsi linear, khususnya grafik fungsi linear. Subyek penelitian berada di kelas X IPS SMA Al-Washliyah Pasar Senen Medan dan siswa pada mata pelajaran matematika Fungsi Linear. Jumlah siswa kelas X IPS  adalah 25, 8 di antaranya laki-laki dan 17 siswa perempuan. Berdasarkan hasil akhir penelitian, persentase nilai rata-rata alat penelitian adalah 80% pada siklus I, meningkat menjadi 85% pada siklus II. Dengan demikian, pemanfaatan Papan DAKOR pada materi Fungsi Linear mata pelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap Fungsi Linear.

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Simamora , M. I. . (2023). PEMANFAATAN PAPAN DAKOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA DI SMA AL-WASHLIYAH PASAR SENEN MEDAN. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(1), 15–19. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i1.452

Issue

Section

Articles