Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika Materi Statistika Pada Siswa SMA

Authors

  • Rina Sari universitas al washliyah
  • Israq Maharani Universitas Al Washliyah UNIVA Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i1.414

Keywords:

Berpikir tingkat tinggi Matematika, Statistika

Abstract

Pembelajaran matematika mempunyai tujuan agar siswa dapat berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan setiap masalah yang telah diberikan sehingga dapat memahami materi yang diberikan oleh guru, siswa bukan hanya menggunakan rumus yang diberikan mempunyai tujuan agar siswa dapat berpikir kritis dalam menyelesaikan soal. Dalam kehidupan manusia berpikir tingkat tinggi merupakan suatu kegiatan mental yang dialami seseorang ketika mereka dihadapkan pada suatu masalah atau situasi yang harus dipecahkan. Berpikir sebagai suatu aktivitas mental untuk membantu memformulasikan atau memecahkan suatu masalah, membuat suatu keputusan, atau memenuhi hasrat keingintahuan. Pendapat ini menunjukkan ketika seseorang memutuskan suatu masalah, memecahkan masalah, ataupun ingin memahami sesuatu, maka orang tersebut melakukan aktivitas berpikir tingkat tinggi. Instrumen yang digunakan oleh peneliti dalam hal ini adalah instrumen pokok dan instrumen penunjang (Sugiyono 2018). Instrumen pokok dalam penelitian ini  adalah siswa SMA Alwashliyah 3 Medan sedangkan instrumen penunjang yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman tes.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Sari, R., & Maharani, I. . (2024). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika Materi Statistika Pada Siswa SMA. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(1), 15–19. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i1.414

Issue

Section

Articles