PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING

Authors

  • Israq Maharani Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan
  • Najwah Rokan Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i1.402

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengembangankan potensi diri dan keterampilan yang diperlukann dirinya dan lingkungan masyarakat. Dengan pendidikan yang baik, maka peserta didik akan dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal sehingga menjadi sumber daya manusia yang berkualitas yang dapat bersaing dalam dunia kerja. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan sampel kelas XI-C MAS Al-Washliyah Gedung Johor Medan. Dengan menggunakan metode quasi eksperimen (eksperimen semu). Hasil penelitian yaitu pemahaman konsep siswa meningkat karna menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dilihat dari hasil prestest siswa diperoleh 0,03 kurang dari signifikan 0,05, setelah menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining ada peningkatan soal postest diberikan hasil dari data yaitu signifikan 0,64. Maka penelitian ini membuktikan dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan kemampuan konsep matematis siswa dalam pelajaran matematika pada pokok bahasan matriks.

Downloads

Published

2023-01-17

How to Cite

Maharani, I. ., & Rokan, N. . (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(1), 20–26. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i1.402

Issue

Section

Articles