PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK PENALARAN MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Putri Elmania Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan
  • Ayu Safitri Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan
  • Nur Ainun Lubis Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan
  • Nur Rahmi Rizqi Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i1.401

Keywords:

Peningkatan ketemapilan Motorik Time Token

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penalaran matematika siswa menggunakan metode Scientific Approachpada mata pelajaran matematika materi himpunan dikelas IX B EX PGA PROYEK UNIVA MEDAN. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian variabel terikat dengan desain berfokus pada pretest danposttes. Populasi yangdigunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX B dengan jumlah siswa nya 19 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi  sebelum penelitian, uji t dan uji t deskriptif dengan tarap signifikan  (a) = 5 % berdasarkan hasil penelitian, pengolahan, dan analisis data, menunjukan terdapat pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis scientific approach untuk penalaran matematika siswa dikelas IX B EX PGA PROYEK UNIVA MEDAN 2022 /2023.

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Elmania, P. ., Safitri, A., Lubis, N. A. ., & Rizqi, N. R. . (2023). PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK PENALARAN MATEMATIKA SISWA. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(1), 27–33. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i1.401

Issue

Section

Articles