Pengaruh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Metode Kooperatif Student Team Achievement Divisions terhadap Kemampuan Pemecahan Matematis

Authors

  • Ririen Setyawati Universitas Al Wasliyah Medan
  • Syah Fitri Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Mhd.Ilyas Lubis Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Adelia Septia Damanik Universitas Al Washliyah UNIVA Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i1.388

Keywords:

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Student Team Achievement Divisions, Pemecahan Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui RPP dengan metode kooperatif tipe STAD pada materi pertidaksamaan linear dua variabel mampu meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang didasari oleh skor pretest  dan  postest pada kelas eksperimen. Penelitian RPP dengan pendekatan kemampuan pemecah masalah menggunakan subjeknya yaitu peserta didik kelas X IPS di SMA SMA swasta Rizki Ananda Marindal 30 siswa sebagai kelas Esperimen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dan RPP dengan pendekatan kemampuan pemecah masalah berdasarkan hasil pretest dan posttest, Uji Normalitas, Uji Homegenitas, dan Uji Independent sampel T-test, dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis. Sehingga RPP dengan pendekatan pendidikan kemampuan pemecah masalah dapat menjadi solusi yang tepat dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Setyawati, R., Fitri, S. ., Lubis, M. ., & Damanik, A. S. . (2024). Pengaruh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Metode Kooperatif Student Team Achievement Divisions terhadap Kemampuan Pemecahan Matematis. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i1.388

Issue

Section

Articles