Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Metode Example Non Examples
DOI:
https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i1.385Keywords:
Pemahaman konsep, Metode Example non exampleAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara signifikasi pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemapuan pemahaman konsep. penelitian ini dilakukan pada tahun 2022 di SMP Nusantara Lubuk Pakam. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan eksperimen, dengan menggunakan model Example Non Example. selanjutnya penelitian ini akan dibandingkan dengan hasil rata-rata pre-test = 62,30 dan nilai rata-rata post-test = 60,70. dari analisis Uji Validitas Soal Validitas instrument tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada penelitian ini menggunakan validitas isi dan validasi konstruk. Uji validitas isi dilakukan dengan menggunakan daftar checklist oleh 5 validator.Berdasarkan uji validitas isi tersebut, 5 butir soal dapat digunakan untuk instrument penelitian dalam pengambilan data tes penguasaan konsep matematika siswa. Uji Reliabilitas Soal Setelah butir-butir soal dilakukan uji validitas, selanjutnya butir soal diujikan reliabilitasnya. Tujuan dari pengujian reliabilitas adalah untuk mengetahui konsistensi dari instrument sebagai alat ukur, sehingga instrument dapat dipercaya untuk digunakan sebagai alat pengumpulan data. Berdasarkan hasil alpha cronbach diperoleh nilai reliabilitasnya yaitu r11 0.719 dengan r tabel= 0.388 sehingga 5 soal tersebut dinyatakan reliabilitas karena r11? 25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diah Ayu, Israq Maharani, Siswadi Siswadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.