UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE

Authors

  • Ayu Safitri Universitas Alwashliyah Medan
  • Nur Ainun lubis Universitas Alwashliyah Medan
  • Siti Syahirani Universitas Alwashliyah Medan
  • Putri Elmania Universitas Alwashliyah Medan
  • Nur Rahmi Rizqi Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i1.382

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penalaran matematika siswa menggunakan metode Scientific Approachpada mata pelajaran matematika materi himpunan dikelas IX B EX PGA PROYEK UNIVA MEDAN. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian variabel terikat dengan desain berfokus pada pretest danposttes. Populasi yangdigunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX B dengan jumlah siswa nya 19 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi  sebelum penelitian, uji t dan uji t deskriptif dengan tarap signifikan  (a) = 5 % berdasarkan hasil penelitian, pengolahan, dan analisis data, menunjukan terdapat pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis scientific approach untuk penalaran matematika siswa dikelas IX B EX PGA PROYEK UNIVA MEDAN 2022 /2023.

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Safitri, A., lubis, N. A. ., Syahirani, S. ., Elmania, P. ., & Rizqi, N. R. . (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i1.382

Issue

Section

Articles