MODEL PEMBELAJARAN RME DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Authors

  • Najwah Rokan Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia
  • Nur Rahmi Rizqi Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia
  • Minta Ito Simamora Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i1.366

Keywords:

Model Pembelajaran RME, Pemahaman Konsep Matematis, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengembangankan potensi diri dan keterampilan yang diperlukan dirinya dan lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan menerapkan model Pembelajaran Matematika Realistik. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan cara instrumen tes dan wawancara siswa kelas X-A MAS Al-Washliyah Gedung Johor Medan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian yaitu Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tercapainya ketuntasan klasikal hasil belajar yang mencapai 85%. Aktivitas siswa selama mengikuti proses belajar mengajar dengan model pembelajaran Matematika Realistik mengalami peningkatan sesuai dengan lembar observasi yang telah diamati selama pelaksanaan penelitian. Persentase siswa yang memberikan respons positif 94.9% terhadap pembelajaran dengan model Pembelajaran Matematika Realistik dari jumlah siswa terhadap aspek yang ditanyakan. Keterlaksanaan pembelajaran guru pada proses pembelajaran matematika berlangsung di kelas berada pada kategori sangat baik (SB).

Downloads

Published

2023-01-05

How to Cite

Rokan, N. ., Rizqi, N. R. ., & Simamora, M. I. . (2023). MODEL PEMBELAJARAN RME DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i1.366

Issue

Section

Articles