PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Rukiah Harahap Program Studi Tadris Matematika, Pascasarjana, IAIN Padangsidimpuan, Indonesia
  • siswadi siswadi Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Muhammad Arif Hidayat Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i2.230

Keywords:

Concept mathematic, Exponent

Abstract

Covid-19 yang menyebar keseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia telah menyebabkan kekacauan yang sangat luar biasa bagi seluruh masyarakat karena telah meluluhlantakkan berbagai sektor kehidupan.  Salah satunya yaitu dalam sektor pendidikan. Sehingga pemerintah membuat kebijakan agar pembelajaran dilakukan secara daring atau online untuk mencegah penularan. Tujuan tulisan ini juga menganalisis ketidakmampuan peserta didik memahami konsep dalam penyelesaian soal matematika selama pembelajaran online dan di uji setelah pembelajaran tatap muka. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini meliputi data primer dan data skunder. Information pada penelitian ini meliputi information preliminary dan information skunder. Informasi data primer terdiri dari expositions pembelajaran online yang dilaksanakan, dan bagaimana penurunan pemahaman konsep memberi dampak yang luas dalam pembelajaran matematika. Informasi data sekunder terdiri dari hasil belajar matematika berdasarkan tingkat kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Kedua jenis information tersebut digunakan sebagai dasar melakukan analisis hubungan antara pembelajaran online dengan penurunan kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil dari penelitian ini dijabarkan menjadi tiga, yaitu: 1) peserta didik tidak mampu memahami konsep matematika, 2) pembelajaran daring berpengaruh terhadap penurunan pemahaman konsep matematika peserta didik, dan 3) penurunan pemahaman konsep dapat memberi dampak yang sangat besar dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Published

2022-05-09

How to Cite

Harahap, R. ., siswadi, siswadi, & Hidayat, M. A. (2022). PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(2), 29–36. https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i2.230

Issue

Section

Articles