PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP)

Authors

  • Leni Agustina Daulay Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Takengon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i2.221

Keywords:

Mathematical Reasoning, Connected Matematics Project (CMP)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Connected Mathematist Project (CMP) dan model pembelajaran langsung, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran  Connected Mathematist Project ( CMP ) dan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini quasi ekperiment atau eksperimen semu. Sampel penelitian ini siswa kelas VII1 dan kelas VII2 MTsS Ulumul Qur’an Takengon Takengon. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Uji hipotesis menggunakan Uji-t dan Uji  N-gain. Dari hasil penelitian diperoleh terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa dan diperoleh peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti pembelajaran Connected Mathematis Project adalah 0,57 sedangkan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti pembelajaran langsung sebesar 0,43. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Connected Mathematis Project (CMP) lebih baik dari pembelajaran langsung dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.

Downloads

Published

2022-05-02

How to Cite

Daulay, L. A. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP). OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(2), 22–28. https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i2.221

Issue

Section

Articles