PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA

Authors

  • Sari Wulandari Program Studi Pendikan Matematika, FKIP, Universitas Al Washliyah, Indonesia
  • Israq Maharani Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan
  • siswadi siswadi Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i2.218

Keywords:

Model Pembelajaran Group Investigation Berpikir, Kemampuan Kreatif Matematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik materi bilangan bulat pada siswa kelas VII Pondok Pesantren MTs Zakiyun Najjah Tahun Pembelajaran 2021-2022. Metode yang di gunakan adalah metode quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain Pretest-Posttest Control Group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Pondok Pesantren MTs Zakiyun Najjah Firdaus yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah  52 siswa dengan sampel adalah siswa kelas kelas VII-1 sebagai kelas kontrol diberi perlakuan metode konvensional dan kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran GI (Group Investigation). Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui ada perbedaan rata-rata kemampuan  berpikir kreatif matematika yang signifikan sebelum dan sesudah pembelajaran  dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada  siswa  Kelas VII Pondok Pesantren MTs Zakiyun Najjah Firdaus  Tahun Pembelajaran 2021-2022.Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 73,8 sedangkan kelas kontrol sebesar 66,4. Berdasarkan hasil perhitungan uji diperoleh thitung > ttabel > ttabel (2,537 > 2,008) maka H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikansi ? = 5% sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematika kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata kelas kontrol.

Downloads

Published

2022-03-15

How to Cite

Wulandari, S. ., Maharani, I. ., & siswadi, siswadi. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(2), 09–16. https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i2.218

Issue

Section

Articles