Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas X SMK Swasta Muhammad Yaasiin Sei Lepan

Authors

  • Yumira Simamora Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan
  • Risna Mira Bella Saragih Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan
  • Susilawati Susilawati Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i1.155

Keywords:

Kesalahan Siswa, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa menyelesaikan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis kelas X SMK Swasta Muhammad Yaasiin Sei Lepan Tahun Pembelajaran 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 26 orang siswa kelas X SMK Swasta Muhammad Yaasiin Sei Lepan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang siswa yang diambil secara acak menurut tingkat kemampuan masing-masing. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan wawancara. Setiap hasil pekerjaan subjek penelitian dianalisis untuk mendeskripsikan kesalahan menggunakan metode analisis kesalahan Newman kemudian dilakukan wawancara untuk mendeskripsikan faktor-faktor dari dalam siswa penyebab melakukan kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Terdapat kesalahan memahami soal yang dilakukan subjek penelitian dengan persentase 16,66%, terdapat kesalahan transformasi  yang dilakukan subjek penelitian dengan persentase 20,83%. terdapat kesalahan  keterampilan proses dengan persentase 25%, terdapat kesalahan menuliskan jawaban akhir dengan persentase 37.5%

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Simamora, Y. ., Saragih, R. M. B., & Susilawati, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas X SMK Swasta Muhammad Yaasiin Sei Lepan. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i1.155

Issue

Section

Articles