SOSIALISASI ALAT PERAGA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ALAT HITUNG PERKALIAN DI SEKOLAH SDN No. 067249 MEDAN MARELAN

Authors

  • Ronald Mahmud STKIP Amal Bakti, Medan
  • Ilham Nazaruddin STKIP Amal Bakti, Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/jaliye.v3i1.730

Keywords:

Alat peraga, Alat hitung Matematika, Pembelajaran Matematika

Abstract

Manfaat masyarakat ini berupa penyediaan media atau alat peraga pembelajaran berbasis matematika bagi siswa UPT Sekolah SDN 067249 Medan Marelan yang terdapat di Kota Medan. Strategi yang kami gunakan adalah strategi alamat dan balasan serta strategi bakat. Sosialisasi atau sarasehan dimulai dan diakhiri pada tanggal 21 Juni 2024 pukul 08.00. Acara ini dapat berupa acara sosial dan seolah-olah berlangsung dalam satu sesi. Permasalahan yang terjadi di sekolah adalah siswa kurang tertarik mempelajari ilmu hitung karena pembelajaran dianggap sangat merepotkan. Mempunyai alat peraga pembelajaran aritmatika akan memudahkan siswa dalam memahami IPA, dimana siswa akan lebih mudah dalam menentukan kenaikan atau jawaban yang tepat, juga akan memudahkan mereka untuk dapat melakukan pengecekan dan guru akan memudahkan mereka dalam melakukan pengecekan. mengkomunikasikan materi tanpa merasa merepotkan. Bantuan pendidikan yang digunakan lebih mudah dan tidak menuntut siswa untuk mendapatkannya, sehingga siswa akan merasa bahwa pembelajaran lebih mudah dan mudah diperoleh karena adanya bantuan media pembelajaran tersebut. Dengan memanfaatkan bantuan pengajaran ini, pihak yang terdepan sependapat untuk memperjelas media ini karena sederhana dan cocok untuk anak sekolah dasar sehingga tidak terlalu menuntut mereka dalam melakukan peningkatan.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Mahmud , R. ., & Nazaruddin, I. . (2024). SOSIALISASI ALAT PERAGA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ALAT HITUNG PERKALIAN DI SEKOLAH SDN No. 067249 MEDAN MARELAN. JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, Dan Edukasi, 3(1), 36–39. https://doi.org/10.47662/jaliye.v3i1.730