PELATIHAN PENGGUNAAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENGIDENTIFIKASI KARAKTERISTIK SISWA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47662/jaliye.v3i1.710

Keywords:

k-means, clustering, karakteristik siswa

Abstract

Salah satu bentuk inovasi di bidang pendidikan adalah pengembangan aplikasi yang dapat digunakan baik dalam pembelajaran maupun administrasi sekolah. Pengelompokkan siswa berdasarkan kondisi siswa dengan berbagai macam karakteristiknya sangatlah penting. Informasi dari pengelompokkan tersebut dapat dijadikan sebagai acuan bahan pertimbangan bagi guru atau pihak sekolah untuk melakukan langkah secara terstruktur dalam rangka meningkatkan kualitas siswa dan standar mutu sekolah. Clustering adalah metode yang dapat digunakan untuk membagi kumpulan data (objek) ke dalam kelompok (cluster) berdasarkan kemiripan antar objek. Kegiatan pelatihan yang merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SDN Karanganyar 01 Karawang. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 25 peserta yang sebagian besar adalah Guru. Data yang digunakan berupa data hasil nilai mata pelajaran IPA dan IPS siswa. Data dianalis menggunakan metode k-means clustering menggunakan aplikasi XLSTAT. Pelatihan pengklasteran dengan menggunakan metode k-means diharapkan mempermudah para guru maupun tenaga pendidik dalam mengidentifikasi karakteristik siswa.

Author Biographies

Mokhammad Ridwan Yudhanegara, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen pada Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Karunia Eka Lestari, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen pada Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Yudhanegara, M. R., & Lestari, K. E. (2024). PELATIHAN PENGGUNAAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENGIDENTIFIKASI KARAKTERISTIK SISWA. JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, Dan Edukasi, 3(1), 19–25. https://doi.org/10.47662/jaliye.v3i1.710