PENERAPAN MATEMATIKA REALISTIK DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Nur Rahmi Rizqi Universitas Al Washliyah Medan
  • Yenni Novita Harahap Universitas Al Washliyah Medan
  • Minta Ito Simamora Universitas Al Washliyah Medan
  • Ulfa Annisa Lubis Universitas Al Washliyah Medan
  • Siswadi Siswadi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.47662/jaliye.v2i1.535

Keywords:

Matematika Realistik, Kontekstual

Abstract

Pembelajaran Matematika Realistik pada dasarnya adalah pemanfaatan realita dan lingkungan yang dipahami peserta didik untuk memperlancar proses pembelajaran matematika sehingga mencapai tujuan pendidikan matematika secara lebih baik daripada masa lalu. Proses pembelajaran matematika realistik menggunakan masalah kontekstual sebagai titik awal dalam belajar matematika. Siswa diberi kesempatan untuk mengorganisasi masalah dan mencoba mengidentifikasi aspek matematika yang ada pada masalah tersebut. Misalnya dalam penanaman pohon .Proses pembelajaran peranan guru bukan semata-mata memberikan informasi, melainkan juga mengarahkan dan memberi fasilitas belajar. Proses pembelajaran pada awalnya meminta guru untuk mengetahui kemampuan dasar yang dimiliki oleh siswa meliputi kemampuan dasarnya, motivasinya, latar belakang akademisnya, dan lain sebagainya.

Downloads

Published

2023-06-05

How to Cite

Rizqi, N. R. ., Harahap, Y. N. ., Simamora, M. I. ., Lubis, U. A., & Siswadi, S. (2023). PENERAPAN MATEMATIKA REALISTIK DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, Dan Edukasi, 2(1), 1–4. https://doi.org/10.47662/jaliye.v2i1.535