MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PAI MELALUI PENERAPAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS XI MAN 1 BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i1.700Keywords:
Jigsaw, Increasing Student Activity, Islamic EducationAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan aktivitas siswa pada proses pembelajaran dengan menggunakan model Jigsaw. Penelitian yang digunakan bersifat deskriptif yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas berlangsung dalam suatu alur yang disebut siklus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PAI dengan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan terpenuhinya KKM. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari setiap siklusnya; pada siklus I rata-rata skor ketuntasan belajar klasikal sebesar 69,00% (25 siswa), dan pada siklus II rata-rata skor ketuntasan belajar klasikal sebesar 94,00% (34 siswa). Dalam hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode Jigsaw telah meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 1 BEKASI.