PELAKSANAAN PROGRAM LITERASI SEKOLAH DALAM MENANAMKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA SISWA SD NEGERI 104266

Authors

  • Siti Nurhalijah Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Hotni Sari Harahap Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Umy Fitriani Nasution Universitas Al Washliyah UNIVA Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/hibrululama.v5i2.641

Keywords:

Literasi Sekolah, Gemar Membaca

Abstract

Penelitian ini mengkaji dua aspek yaitu Untuk mengetahui pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam menanamkan karakter gemar membaca dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat GLS dalam menanamkan karakter gemar membaca. Penelitian ini dilaksanakan di di SD Negeri 104266 Perbaungan beralamat di Dusun I, Pematang Sijonam, Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai Prov. Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan dimulai dari observasi objek penelitian sampai pada pengambilan data. Tipe riset yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan data berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka yang berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, foto, video, dokumen pribadi, catatan, atau memo, dan dokumen resmi lainnya. Analisa data kualitatif dalam penelitian ini dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Aktivitas dalam analisis data, yaitu reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil dalam penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan GLS dilakukan dengan tiga tahapan yaitu: pertama, tahap pembiasaan berupa membaca selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai; kedua, tahap pengembangan dilakukan dengan memberikan pengayaan keterampilan membaca; ketiga, tahap pembelajaran dilakukan berupa membaca 15 menit sebelum belajar yang disertai dengan tagihan akademik yang sesuai dengan materi pembelajaran; 2) Faktor pendukung program gerakan literasi sekolah adalah kelengkapan fasilitas membaca, kesiapan siswa, guru dan tenaga kependidikan, sinergitas kerjasama antara sekolah dan orangtua, dan partisipasi publik. Sedangkan faktor penghambat yaitu masih terdapat siswa minat membacanya sangat minim, fasilitas membaca yang kurang memadai, keterbatasan dana, kurang kerjasama antara guru dan orangtua siswa dalam menumbuhkan kemampuan literasi dasar siswa.

Downloads

Published

2023-12-26

How to Cite

Nurhalijah, S. ., Harahap, H. S. ., & Nasution, U. F. . (2023). PELAKSANAAN PROGRAM LITERASI SEKOLAH DALAM MENANAMKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA SISWA SD NEGERI 104266. HIBRUL ULAMA, 5(2), 114–123. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v5i2.641