URGENSI PENDIDIKAN AQIDAH PADA SISWA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PERILAKU TAWURAN DI MTs AL WASHLIYAH 30 PEMATANG GUNTUNG
DOI:
https://doi.org/10.47662/hibrululama.v5i2.639Keywords:
Pendidikan Aqidah, Pencegahan Perilaku TawuranAbstract
Penelitian ini mengkaji dua aspek yaitu urgensi pendidikan aqidah pada siswa sebagai upaya pencegahan perilaku tawuran di MTs Al Washliyah 30 Pematang Guntung serta internalisasi pendidikan aqidah sebagai upaya pencegahan perilaku tawuran di MTs Al Washliyah 30 Pematang Guntung. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari sampai dengan bulan Juni tahun pembelajaran 2022/2023. Tipe riset yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan data berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka yang berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, foto, video, dokumen pribadi, catatan, atau memo, dan dokumen resmi lainnya. Analisa data kualitatif dalam penelitian ini dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Aktivitas dalam analisis data, yaitu reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil dalam penelitian ini adalah: 1) Pendidikan aqidah sangat penting ditanamkan dan diajarkan sejak dini kepada peserta didik, karena aqidah merupakan pegangan dan pondasi pokok yang sangat menentukan bagi kehidupan manusia, serta menjadi landasan bagi setiap amal yang dilakukan; 2) Internalisasi pendidikan aqidah sebagai upaya pencegahan perilaku tawuran di MTs Al Washliyah 30 Pematang Guntung, dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler yang terangkum pada proses pembelajaran berlangsung, disamping itu penguatan pendidikan aqidah dilakukan melalui mata pelajaran keagamaan dan kealwashliyahan.