HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PIJAT BAYI DENGAN KUALITAS TIDUR BAYI UMUR 0-6 BULAN DI SEKOLAH EMAK MEDAN TAHUN 2019
Keywords:
Pengetahuan ibu,pijat bayi, Kualitas tidur bayi.Abstract
Tidur merupakan salah satu bentuk adaptasi bayi terhadap lingkungannya. Kebutuhan tidur tidak hanya dilihat dari aspek kuantitas saja namun juga kualitasnya. Pertumbuhan dan Perkembangan bayi dapat di capai secara optimal dengan kualitas tidur yang baik Berdasarkan data WHO (World Health Organization) tahun 2012 yang dicantumkan dalam jurnal Pediatrics, tercatat sekitar 33% bayi mengalami masalah tidur Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang pijat bayi dengan kualitas tidur bayi umur 0-6 bulan di Sekolah Emak medan Tahun 2019 .
Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi dengan desain cross sectional, populasi dalam penelitian bayi usia 0-6 bulan yang dipijat di Sekolah Emak yang berjumlah 150 terhitung dari bulan 01 Januari-31 Maret 2019 sampel 30 dari 20% populasi.Teknik pengambilan sampel dengan Consecutive sampling,Instrumen penelitian yaitu kuesioner. Analisa data dilakukan dengan univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square.
Hasil penelitian bahwa pengetahuan ibu tentang pijat bayi mayoritas cukup 17 orang (56,7%), kualitas tidur bayi mayoritas berkatagori cukup 15 orang (50,0%). Hasil uji statistik dengan chi square p=0,000 (0,05) artinya Ho ditolak Ha diterima berarti ada hubungan pengetahuan ibu tentang pijat bayi dengan kualitas tidur bayi umur 0-6 bulan di Sekolah Emak medan Tahun 2019
Kesimpulan penelitian terdapat hubungan pengetahuan ibu tentang pijat bayi dengan kualitas tidur bayi umur 0-6 bulan di Sekolah Emak medan Tahun 2019.Disarankan kepada Bagi Sekolah Emak diharapkan dapat memberikan promosi kesehatan mengenai pijat bayi terhadap kualitas tidur.
References
Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RenikaCipta.
Azwar, S. 2009. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baroo?ah, Butsainatul. 2015. Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan TentangPijat Bayi Terhadap Perilaku Ibu Dalam Memijat Bayi Secara Mandiri Di
Ismael,(2016).Kualitas tidur bayi.http://digilib.unimus.ac.id/files/disk.pdf.Diakses 22/04/2019.
Jhaquin, A. (2010). Psikologi untuk Kebidanan.Yogyakarta. Nuha Medika
Maharani, D. (2016). Buku Seba Pintar Perawatan Bayi Dan Balita. Yogyakarta :Araska
Mansur, H. (2018). Psikologi Ibu dan Anak untuk Kebidanan. Jakarta. Salemba Medika
Maryunani, Anik.( 2015).Ilmu Kesehatan Anak dalam Kebidanan. Jakarta:Trans Info Media
Mauliddina, A. (2017).Pengaruh Penyuluhan Pijat Bayi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Dalam Perilaku Ibu Melaksanakan Pijat Bayi Di Wilayah Puskesmas Mlati I Sleman?,Pengaruh Penyuluhan PijatBayiTerhadap Pengetahuan DanSikap Dalam Perilaku Ibu
Notoatmodjo Soekidjo. 2015. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Renika Cipta
Nursalam. (2015). Konsep dan Penerapan Metodelogi Penelitian IlmuKeperawatan : Pedoman Skripsi, tesis dan Instrumen Penelitian. Jakarta.Salemba Medika
Pratyahara (2017) Keajaiban Terapi Sentuhan Untuk Bayi Anda. Yogyakarta: Javalitera
Riksani, (2016).Pijat bayi. . http://ojs.unud.ac.id/index.php. Diakses 22/02/2019
Roesli,. 2015. Pedoman Pijat Bayi Edisi Revisi.Jakarta : PT Trubus Agriwidya.
. 2015. Pedoman Pijat Bayi. Jakarta : Puspa Swara.
Saputra. 2018. Kualitas Tidur Bayi. http://ojs.unud.ac.id/index.php. Diakses 23/03/2019
Sekartini, R. 2015.Buku Pintar Bayi.Jakarta: PustakaBunda.
. 2016. Data masalah gangguan tidur bayi. Universitas Udayana.
Subakti, A. 2015.Manfaat Pijat Bayi dan Balita.Jakarta : Wahyu Media.
. 2015. Keajaiban Pijat Bayi dan Balita.Jakarta : Wahyu Media.
Vina. 2018. Kualitas Tidur Sangat Penting Bagi Pertumbuhan Anak.
Widiyanti, M. dkk. 2018. Hubungan Pijat Bayi Dengan Pola Tidur Bayi Usia 3–6 Bulan Di Bidan Praktek Swasta.
Wawan, A dan Dewi,M. 2017. Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta:Nuha Medika
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Mestika Rija Helti, Syafrita Sundari Hasibuan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.