HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP STRES SISWA SMA NEGERI 1 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.47662/alulum.v12i1.590Keywords:
Pandemi, Covid-19, Pembelajaran Daring, Stres, RemajaAbstract
Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak besar pada sistem pendidikan di seluruh dunia. Pembatasan sosial dan fisik yang diterapkan untuk memutus rantai penularan virus telah memaksa institusi pendidikan untuk beralih ke pembelajaran daring. Meskipun pembelajaran daring jauh lebih aman dari segi kesehatan, ini telah membawa tantangan baru bagi siswa, di mana mereka harus menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar yang berbeda dan menavigasi kurikulum baru melalui platform virtual serta kurangnya interaksi langsung dengan guru dan teman sekelas, dan tuntutan akademis yang lebih berat di rumah. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Medan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 158 siswa. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh variabel pengaruh yang signifikan (p<0,05) antara variabel pembelajaran daring terhadap variabel stres pada siswa pada masa pandemi Covid-19.
References
Anugrahana A. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Sch J Pendidik dan Kebud. 2020;10(3):282-289. doi:10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Fajriyah, D.I,. 2021. Hubungan Self Regulated Learning Dengan Stres Akademik Pada Siswa Sma Negeri 1 Paciran Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Ind High Educ. 2021;3(1):1689-1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288
Guan, W.J., Ni, Z.Y., Hu, Y., et al.2019. Clinical Characteristics of Coronavirus Disease 2019 in China. N Engl J Med. 2020;382(18):1708-1720. doi:10.1056/nejmoa2002032
Holshue ML, DeBolt C, Lindquist S, et al. First Case of 2019 Novel Coronavirus in the United States. N Engl J Med. 2020;382(10):929-936. doi:10.1056/nejmoa2001191
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Kemkes Timeline Covid-19. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Published 2020. https://www.kemkes.go.id/index.php
Lee, J., 2020. Mental health effects of school closures during COVID-19. Lancet Child Adolesc Heal. 2020;4(6):421. doi:10.1016/S2352-4642(20)30109-7
Livana, Mubin, & Basthomi Y. 2020. Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnsl Ilmu Keperawatan Jiwa. 2020;3(2):203-208
Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 Tentang Pembelajaran Secara Daring Dan Bekerja Dari Rumah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).; 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
Medan, P., 2022. Data Statistik Covid-19 Pemerintah Kota Medan. Published 2022. https://covid19.pemkomedan.go.id
Oktavia, W.K.,Fitroh, R 2019 Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Pros Semin Nas Magister Psikol Univ Ahmad Dahlan. Published online 2019:142-149. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3416/741
PDSKJI. 2020. Infografik 5 Bulan Pandemi COVID-19 di Indonesia. Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia. Published 2020. http://pdskji.org/
Utami S, Rufaidah A, Nisa A. 2020. Kontribusi Self-Efficacy Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19 Periode April-Mei 2020. Ter J Bimbing dan Konseling. 2020;4(1):20-27. doi:10.26539/teraputik.41294
Zhu, N., Zhang, D., Wang, W., et al. 2020. A Novel Coronavirus from Patients with Pneumonia in China, 2019. N Engl J Med. 2020;382(8):727-733. doi:10.1056/nejmoa2001017
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sukmawati Hia, Indri Adriztina, Arlinda Sari Wahyuni, Mustafa Mahmud Amin, Rini Savitri Daulay
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.