ANALISIS RESIKO SUPPLY CHAIN MENGGUNAKAN METODE HOUSE OF RISK (HOR) PADA PT. SUMBER SAWIT MAKMUR

Authors

  • Ilhamdi Syahputra Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Harapan Medan
  • Abdul Azis Syarif Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Harapan Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/alulum.v10i2.235

Keywords:

HOR, Rantai Pasok, Manajemen Resiko

Abstract

  1. Sumber Sawit Makmur bergerak dalam bidang pengelolaan kelapa sawit, yaitu pengelolaan tandan buah segar (TBS) menjadi CPO. Penelitian ini bertujuan mengetahui resiko yang yang timbul pada aliran supply chain dan mendapatkan strategi yang sesuai untuk pengendalian resiko. Penelitian dilakukan atas kegiatan operasional di perusahaan dengan jenis resiko operasional. Identifikasi kejadian resiko dan agen resiko dilakukan melalui wawancara dan data observasi di lingkungan pabrik menggunakan metode HOR. Hasil penelitian menemukan 27 kejadian resiko (risk events) dan 19 agen resiko (risk agents). Pada HOR 1 dilakukan pengukuran severity pada risk events, occurence pada risk agents serta reletionship antara risk events dan risk agents dan menghasilkan nilai Aggregate Risk Potential, dimana ditemukan 11 risk agents yang menjadi 80% masalah dalam kegiatan operasional berdasarkan Pareto Diagram. HOR 2 berkaitan dengan penentuan strategi penanganan dari sumber resiko terpilih. Adapun strategi yang terpilih adalah strategi coordination.

References

Cahyani, Z. D., Wahyu, S. R., & Baihaqi, I. 2016. Studi Implementasi Model House of Risk Untuk Mitigasi Risiko Keterlambatan Material dan Komponen Impor Pada Pembangunan Kapal Baru. Jurnal Teknik ITS, 52-59.

Djohanputro, B. 2008. Manajemen Risiko Korporat. Jakarta: PPM.

Djojosoedarso, S. 2003. Prinsip-Prinsip Manajemen Risiko dan Asuransi. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, I. 2010. Manajemen Risiko : Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta.

Fortuna, I. F., Sumantri, Y., & Yuniarti, R. 2014. Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Aktivitas Green Supply Chain Management. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, 2, 551-562.

Hadi, M. N., & Budiawan, W. 2016. Analisis Mitigasi Risiko Pada Proses Pengadaan Menggunakan Matrix House of Risk pada PT. Janata Marina Indah. Industrial Engineering Online Jurnal, 1-9.

Hanafi, M. M. 2009. Manajemen Risiko (2nd ed.). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Hanif, R. Y., Rukmi, H. S., & Susanty, S. 2015. Perbaikan Kualitas Produk Keraton Luxury di PT.X Dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Anlysis (FTA). Reka Integra, 137-147.

Holton, H. 2014. Risk Management in Dailylife to Reduce The Negative Impact. Risk Management Journal, 50-62.

Juttner. 2013. Impact Factor of Supply Chain. The International Journal of Logistic Management, 87-99.

Kristanto, B. R., & Hariastuti, N. P. 2014. Aplikasi Model House of Risk Untuk Mitigasi Risiko Pada Supply Chain bahan Baku Kulit. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 149-157.

Lokobal, A., Marthin, D. J., Sumajouw, & Sompie, B. F. 2014. Manajemen Risiko Pada Perusahaan Jasa Pelaksana Konsruksi Di Propinsi Papua. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 109-118.

Lutfi, A., & Irawan, H. 2012. Analisis Risiko Rantai Pasok dengan Model House of Risk (Studi kasus : PT. XXX). Jurnal Manajemen Indonesia, 1-11.

Mulyadi. 2011. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Munawir, H., & Krismiyanto. 2016. Analisis Risiko dan Strategi Mitigasi Risiko Supply Chain Susu Sapi. Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNST), 1-10.

Nanda, L., Hartanti, L. P., & Runtuk, J. K. 2014. Analisis Risiko Kualitas Produk dalam Proses Produksi Miniatur Bis dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis Pada Usaha Kecil Menengan Niki Kayoe. Gema Aktualita.

Natalia, C., & Asturio, R. 2015. Penerapan Model Green SCOR Untuk Pengukuran Kinerja Green Supply Chain. Jurnal Metrris, 97-106

Pujawan, I Nyoman. 2005. Supply Chain Management. Surabaya : Guna widya.

Ratna Wijayanti dan Farid Wajdi. 2012. Pengaruh Kepemimpinan Islami, Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan lama Kerja Sebagai Variabel Modrating. Vol. 13.No. 2.

Stamatis, 1995, Failure Mode and Effect Analysis, ASQC, United States Of America

Ulfah, M., Maarif, M.S., Sukardi., & Raharja, S. 2016. Analisis dan perbaikan manajemen risiko rantai pasok gula rafinasi dengan pendekatan House of Risk. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. 26(1): 87-103.

Downloads

Published

2022-07-07