ANALISIS RESIKO KESELAMATAN PEKERJA PADA BAGIAN PRODUKSI DI PT. PERMATA HIJAU PALM OLEO KIM II KAB. DELI SERDANG

Authors

  • Abdul Azis Syarif Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik Dan Komputer Universitas Harapan Medan
  • Marowan Pulungan Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Al Azhar Medan
  • Masdania Zurairah Siregar Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Al Azhar Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/alulum.v10i1.189

Keywords:

Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Job Safety Analysis

Abstract

Sebagai perusahaan yang industrinya dari hulu ke hilir bergerak di sektor industri kelapa sawit PT. PHG tentunya memiliki banyak proses dan tahapan yang harus dilaluinya untuk suatu produk sampai ke konsumen. Salah satu proses itu adalah proses di bagian produksi. Di bagian produksi di dalam pekerjaannya yang diamati dari hasil survey dilapangan dan dari wawancara sering mengalami kejadian yang tidak diinginkan baik itu dari peralatan maupun dari manusianya Adanya kejadian terpeleset, luka pada tangan, mata, leher dan yang lainnya merupakan hal yang harus menjadi perhatian yang serius dari perusahaan. Hal ini tidak boleh terjadi lagi di masa yang akan datang. Adanya kontrol, perawatan peralatan, pelatihan bagi karyawan, adanya alat pelindung diri yang lengkap dan memadai serta rambu-rambu yang jelas di bagian produksi akan menurunkan tingkat resiko bahaya yang akan terjadi.

References

Anizar. 2009. Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Industri. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Cipto, R.M Tri. 2010. “Analisis Potensi Bahaya Dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA) Pada Bagian Produksi Di PT. PP. Lonsum Indonesia Tbk” . Skripsi. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Estianto, A.A.V. 2016. “Analisis Potensi Bahaya Dengan Metode Hazard Identification And Risk Assessment (HIRA) Dan Hazard And Operability Study (HAZOP) (Studi Kasus: Batik Merah Manis Laweyan”. Skripsi. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Hasahatan, N. 2017. “Faktor-Faktor yang berhubungan dengan Perilaku Tidak Aman pada Pekerja Pemanen Kelapa Sawit PTPN IV Kebun Bah Jambi Tahun 2017”. Skripsi. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Hijriani, J. 2015. “Penerapan Manajemen Risiko Pada Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PTPN IV Unit Usaha Pabatu Tahun 2015”. Skripsi. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Mallapiang, M., Samosir I.A. 2014. “Analisis Potensi Bahaya dan Pengendaliannya Dengan Metode HIRAC (Studi Kasus: Industri Kelapa Sawit PT. Manakarra Unggul Lestari (PT.Mul) Pada Stasiun Digester dan Presser, Clarifier, Nut dan Kernel, Mamuju, Sulawesi Barat)”. Skripsi. Makassar : Universitas Islam Negeri Alauddin.

Moleong, L.J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nazhrah, S.W. 2015. “Analisis Bahaya Pada Pekerja Bagian Workshop PT. X Medan Tahun 2015”. Skripsi. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Notoatmodjo, S. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia No.50 Tahun 2012 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Lupiyoadi, Rambat., dan Hamdani, A. “Manajemen Pemasaran Jasa”, Edisi 2, halaman 241. Salemba Empat, Jakarta. 2006.

Meiliani, Saffira. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di kasus PT Tiki dan J&E” Edisi pertama . Lembaga Penerbit Universitas Telkom.Bandung . 2018.

Pande, P.S. Robert P. Neuman dan Roland R. Cavanagh. ”The Six Sigma Way”. Halaman 43. ANDI Yogyakarta. 2002.

Pande, Pete dan Larry Holpp. ”What Is Six Sigma”. Halaman 31-36. ANDI Yogyakarta. 2005.

Rusydi, Mhd. Customer Excellenct. (Gosyen Publishing,2017)

Sakti, BJ. “Analisis Pengaruh Kualitas Ketepatan waktu Pengiriman Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan”.Lembaga penerbit fakultas Diponegoro Indonesia, Semarang.2018

Sopan,Hari. “ Perbaikan kualitas pelayanan di pengiriman barang di PT Indah Cargon Pekanbaru”lembaga penerbit fakultas Sains dan Teknologi Unversitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau. 2010.

Suwanti , EB . “Penetapan Tarif di PT Indah Cargo Malang” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim” . Malang. 2017

Tittissari, Ayu. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan PT.Pos Indonesia” . Lembaga Penerbit Universitas Negeri Yogyakarta. 2019

Tjiptono, Fandy., dan Chandra, Gregorius. “Service, Quality Satisfaction”. Edisi 2, halaman 3-22, 110-126, 195-211. Penerbit Andi, Yogyakarta. 2007.

Downloads

Published

2022-01-04