Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah <p style="background-color: #eee; padding: 5px 10px;"><strong>Tajribiyah : Jurnal Pendidikan Agama Islam</strong><br /><strong>ISSN :</strong> (print), (online)<br /><strong>Subjek :</strong> <br /><strong>Frekuensi :</strong> 3 kali setahun <br /><strong>Bahasa :</strong> Indonesia<br /><strong>Pengindeks : </strong><strong><br /></strong><strong>DOI : </strong></p> <p> </p> en-US Jtajribiyah22@gmail.com (Tajribiyah) hotnisari92@gmail.com (Hotni Sari Harahap) Mon, 29 Aug 2022 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Akidah akhlak https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/253 <p>Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, bagaimana motivasi belajar siswa pada bidang studi Akidah Akhlak dan bagaimana problematika guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Mts. Islamiyah Petangguhan. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data memalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan ialah reduksi data, penyajian data kualitatif serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Profesionalisme guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs. Islamiyah Petangguhan dengan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, metode, media variasi, pujian dan penilaian karya siswa, serta menciptakan persaingan dan kerjasama, menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan perhatian kepada siswa. 2) Motivasi belajar di MTs Islamiyah Petangguhan Galang pada mata pelajaran Akidah Akhlak bersifat fluktuatif, dan berbeda-beda bentuk motivasi antar siswa. 3) Problematika guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Islamiyah Petangguhan Galang, yaitu kurangnya sumber belajar dan disiplin siswa. penelitian ini diharapkan agar guru senantiasa meningkatkan kompetensi profesionalismenya dalam proses belajar mengajar</p> Anggraeni Anggraeni, M. Syukri Azwar Lubis, Fitri Yulia Copyright (c) 2022 Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/253 Mon, 01 Aug 2022 00:00:00 +0700 Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Kualitas sekolah di SD PAB 21 Lubuk Pakam https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/254 <p>Guru sebagai pekerja professional harus menfasilitasi dirinya dengan seperangkat pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan tentang keguruan, selain harus menguasai subtansi keilmuan yang ditekuni. Namun, kenyataannya masih banyak guru yang belum melaksanakan tugasnya sesuai harapan. oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru dalam meningkatkan mutu sekolah dan bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kompetensi di SD Swasta PAB 21 Lubuk Pakam, melalui &nbsp;penelitian kualitatif., dengan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi serta metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi Guru dalam meningkatkan kualitas sekolah ini para tenaga pendidik memiliki kompetensi yang baik dan melakukan tugasnya dengan sangat baik sesuai peraturan disekolah. Para guru dapat meningkatkan kompetensi dalam mengajar serta menjadikan sekolah yang bermutu. Dalam meningkatkan efektifitas belajar para guru dapat memotivasi kepada para peserta didik terlebih dahulu, dan para guru harus dapat menjadikan ruang belajar menjadi nyaman. Maka, upaya yang dilakukan dalam mengembangkan kompetensi guru di SD Swasta PAB 21 dengan mengikut sertakan tenaga pendidik mengikuti program pendidikan dan pelatihan, baik yang di selenggarakan di dalam maupun di luar sekolah.</p> Cindy Febrianti, Yulia Warda Copyright (c) 2022 Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/254 Tue, 02 Aug 2022 00:00:00 +0700 Upaya Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Siswa pada Masa Pembelajaran Daring https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/255 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian siswa, kendala yang dihadapi guru dalam menumbuhkan kemandirian siswa selama pembelajaran <em>Daring</em> dan upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan kemandirian siswa selama pembelajaran <em>Daring</em> di MTs Cerdas Murni Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Penelitan diolah menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan analisis data deskriptif, dan teknik analisa data yaitu reduksi data, penyaja data dan membuat kesimpulan terhadap data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian siswa pada masa pembelajaran <em>Daring</em> di MTs Cerdas Murni Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang sudah berkembang dengan baik. tetapi tiak terlepas dari kendala yang dihadapi guru di MTs Cerdas Murni Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang yakni kemampuan guru dan siswa dalam menguasai aplikasi android membutuhkan waktu yang cukup lama, belajar jarak jauh siswa kurang terkontrol, keterbatasan kepemilikan android, paket dan jaringan. Upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan kemandirian siswa selama pembelajaran <em>Daring</em> di MTs Cerdas Murni Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang efektif seperti zoom, google classroom, gambar, video serta email. Semoga penelitian ini bermanfaat bagi guru di MTs Murni Cerdas Tembung dalam proses pembelajaran <em>Daring</em><em>.</em></p> Erlina Yanti Harahap, Fathul Jannah Copyright (c) 2022 Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/255 Fri, 05 Aug 2022 00:00:00 +0700 Pembentukan Perilaku Keagamaan Melalui Budaya Sekolah Di SMPS Islam Terpadu Al-Fauzi Di Jalan Garu 2 Medan https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/256 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan perilaku keagamaan melalui budaya sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (<em>field research</em>) yang bersifat kualitatif, instrument penelitian yang digunakan yaitu perekam suara handphone, panduan observasi, dan panduan wawancara, metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peserta didik di SMPS Islam Terpadu Al-Fauzi Medan sudah memiliki perilaku keagamaan yang baik dengan terlaksananya kegiatan ibadah rutin disekolah, guru-guru menjadi tauladan yang baik bagi peserta didik, menasehati, mengingatkan, mendisiplinkan, dan memotivasi. Guru harus memberikan perilaku yang baik terutama dalam perilaku beragama dengan mencontohkan bagaimana meningkatkan ibadah dan menjalankan kegiatan yang lainnya agar peserta didik memiliki perilaku agama yang baik. 2) Bentuk kegiatan keagamaan di SMPS Islam Terpadu Al-Fauzi Medan yaitu, membaca al-qur’an&nbsp; di awal belajar, shalat dhuha berjamaah, shalat dzuhur berjamaah, melaksanakan peringatan hari-hari besar Islam untuk meningkatkan wawasan siswa tentang sejarah, nilai, dan norma agama Islam yang berkembang di masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang.dan pesantren kilat setiap di bulan ramadhan. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang ada &nbsp;di sekolah maka dapat membentuk perilaku keagamaan peserta didik.</p> Fiha Najhifah Purba, Khairuddin Lubis, Halimatun Syakdiyah Copyright (c) 2022 Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/256 Mon, 08 Aug 2022 00:00:00 +0700 Pengaruh Integrasi Imtak Dan Iptek Terhadap Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/257 <p>Pembelajaran IPS memiliki pengaruh yang cukup besar dalam internalisasi IMTAK dan implementasi IPTEK. Dasar inilah yang menjadikan tujuan penelitian, untuk melihat bagaimana pengaruh pengaruh integrasi IMTAK dan IPTEK dalam pembelajaran IPS terkhusus di MTs. Al-Jamiyatul Washliyah Pulau Gambar Kecamatan Serbajadi Kabupaten Serdang Bedagai, melalui penelitian kuantitatif, dengan pengumpulan data menggunakan penyebaran angket dan dibantu oleh alat analisis statistik yakni SPSS Versi 20.0. Hasil Penelitian menunjukkan adanya pengaruh integritas IMTAK dan IPTEK dalam Pembelajaran IPS, dibuktikan dengan hasil uji t, nilai t<sub>hitung&nbsp; </sub>lebih &gt; dari t<sub>tabel </sub>yaitu 5,831 831 &nbsp;lebih &gt; dari 2,030 dan hasil uji f lebih kecil dari 5% atau 0,05 atau nilai F<sub>hitung </sub>= 33,684 &gt; F<sub>tabel</sub> 3,27 (df1= k-1=3-1=2) sedangkan (df2 = n – k (38-3=35), koefisien determinan (R) yaitu 0,806&nbsp; (80,6%). Sehingga 80,6% variasi variabel terikat X<sub>1</sub> dan X<sub>2</sub> pada model dapat menjelaskan variabel Y, sedangkan sisanya 19,4% dipengaruhi variabel lain di luar model.</p> Hasnil Aida Nasution, Ida Wati, Eka Zuliana Copyright (c) 2022 Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/257 Thu, 11 Aug 2022 00:00:00 +0700 Pengaruh Promosi Pendidikan Dan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (Spp) Terhadap Keputusan Memilih Sekolah https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/259 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Promosi Pendidikan Dan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) Terhadap Keputusan Memilih SMK Swasta Awal Karya Pembangunan. Adapun sumber data dalam penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Dimana data primer dari Observasi, Wawancara, Kuesioner dan Dokumentasi Sedangkan data sekunder dapat dari data yang sudah didokumentasikan. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu analisa deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi dan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP)&nbsp; berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Memilih, dimana nilai t hitung 5,735 &gt; t tabel 2,030 serta variabel Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP)&nbsp; juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Memilih dimana dapat dilihat nilai t hitung 3,836 &gt; t tabel 2,030. Hasil koefisien determinasi dengan nilai regresi korelasi sebesar 0,760, artinya secara bersama-sama Promosi dan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP)&nbsp; terhadap Keputusan Memilih pada Sekolah SMK Swasta Awal Karya Pembangunan memiliki kontribusi pada taraf yang erat dan positif.&nbsp; Kemudian koefisien determinasi (R<sup>2</sup>) sebesar 0,605&nbsp; (60,5%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 60,5% variasi variabel terikat yaitu Promosi dan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP)&nbsp; pada model memiliki kontribusi pada Keputusan Memilih pada Sekolah SMK Swasta Awal Karya Pembangunan sedangkan sisanya sebesar 39,5 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.</p> Lusy Afiany, Hasnil Aida Nasution, Susanti Nirmalasari Copyright (c) 2022 Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/259 Mon, 15 Aug 2022 00:00:00 +0700 Penerapan Metodel Bil Qolam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Siswa Kelas VII MTs. Ummul Qura Tembung https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/260 <p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi Metode Bil qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alqur’an Siswa, hingga tingkat kemampuan membaca Alqur’annya serta faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Bil Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alqur’an siswa kelas VII MTs. Ummul Qura Tembung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, melalui sumber data primer dan skunder serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data meliputi <em>reduction, data display, </em>dan <em>conclusion drawing/verification</em><em>,</em> dengan uji keabsahan data melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik dan trangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi metode Bil Qolam dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist, dilaksanakan dengan empat tahapan yakni pembukaan selama 5 menit, kegiatan talqin dan Ittiba’ selama 10 menit, ‘urdhoh selama 20 menit, dan ‘urdhoh atau dril secara individu selama 25 menit. Sehingga rata-rata hasil kemampuan membaca Alqur’an siswa MTs Ummul Qura sebesar 75,61 dalam kategori baik. Adapun faktor penghambat proses hafalan Alqur’an siswa yaitu peserta didik, suasana belajar, siswa dan minimnya jumlah guru Alqur’an hadits di MTs Ummul Qura. Denga demikian Ppenelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi dan masukan khususnya bagi guru dan umumnya bagi seluruh lembaga pendidikan dalam kaitannya dengan hal-hal yang menyangkut program menghapal Alqur’an.</p> Nur Cholish Siddiq Harahap, Sultoni Trikusuma, Dahrul Dahrul Copyright (c) 2022 Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/260 Wed, 17 Aug 2022 00:00:00 +0700 Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di MTs Islamiyah Petangguhan https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/261 <p>Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI, usaha yang dilakukan guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa dan faktor penghambat dan pendukung guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sedangkan metode analisasi data yang digunakan adalah analisis deskripsi kualitatif. Berdasarkan hasil analisa data, dapat disimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa dapat dikatakan baik dan maksimal. Adapun usaha yang dilakukan guru PAI dengan mengunakan metode pembiasaan, paksaan atau penekanan, nasihat dan keteladanan. Adapun faktor penghambat guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa di antaranya adalah faktor pendidik, peserta didik dan faktor lingkungan di luar sekolah, sedangkan faktor pendukungnya yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran dan adanya kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di sekolah. Semoga penelitian ini bermanfaat untuk bahan evaluasi dalam melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar (PBM) di sekolah, dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru dan membina akhlak siswa sehingga mencapai tujuan pendidikan.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;</p> Nikmah Royani Harahap, Putri Wulandari Copyright (c) 2022 Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/261 Fri, 19 Aug 2022 00:00:00 +0700 Hubungan Guru dan Murid Menurut KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Âdâb Al-‘âlim Wa Al-Muta`allim dan Implementasinya https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/262 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pemikiran KH. Hasyim Asy`ari tentang akhlak guru dan murid dalam pembelajaran dan implementasi pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang hubungan guru dan murid dalam tradisi pembelajaran di SMP IT Dewani Akbar. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kepustakaan (<em>library research</em>), melalui sumber data primer dan sekunder dengan pengumpulan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pemikiran KH. Hasyim Asy`ari tentang akhlak guru dan murid dalam pembelajaran menurut KH.Hasyim Asy’ari yaitu hubungan guru dan murid dibangun atas dasar penghormatan yang besar dari murid dan cinta kasih yang tulus dari sang guru serta dalam implementasinya akhlak guru dan murid di SMP IT Dewani Akbar telah dilaksanakan dengan baik di lingkungan SMP IT Dewani Akbar khususnya bukan hanya dalam proses belajar mengajar saja tapi mencakup semua kegiatan di dalamnya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kemajuan Ilmu pendidikan, khususnya menyangkut konsep Akhlak guru dan murid dalam pendidikan Islam.</p> <p>&nbsp;</p> Irwansyah Irwansyah, Hotni Sari Harahap, Rizky Rabbani Copyright (c) 2022 Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/262 Mon, 22 Aug 2022 00:00:00 +0700 Kemampuan Guru Menyesuaikan Antara Materi Pelajaran Dengan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/263 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan upaya guru menyesuaikan materi pelajaran dengan media pempelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah Jenis penelitian lapangan (<em>field research</em>) yang bersifat kualitatif, instrument penelitian yang digunakan yaitu tape recorder, panduan observasi, dan panduan wawancara, metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kemampuan guru menyesuaikan antara materi pelajaran dengan media pembelajaran pada mata pelajaran agama islam yaitu pendidik sebelum mengajar di kelas yaitu mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mempersiapkan media yang akan digunakan, menguasai materi yang akan diajarkan, menentukan metode pembelajaran dan memahami kondisi peserta didik, Sebelum menyampaikan materi kepada peserta didik, ada baiknya menganalisis materi pembelajaran terlebih dahulu sehingga membuat pembelajaran menjadi&nbsp; berstruktur. Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menyesuaikan antara materi dan media pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama islam yaitu guru harus menguasai materi yang akan disampaikan, menggunakan media atau sumber belajar yang tepat, untuk menentukan materi yang akan diajarkan ada yang harus kita perhatikan yaitu, materi pelajaran harus sesuai dengan tujuan yang sudah ditentukan, materi pelajaran juga harus sistematis dan terarah, memperhatikan kemampuan peseta didiknya, menentukan materi sesuai dengan jenjangnya dan melihat alokasi waktu belajaranya.</p> Shufi Setia Laia, Syariah Hafizhoh Copyright (c) 2022 Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/263 Thu, 25 Aug 2022 00:00:00 +0700 METODE PEMBELAJARAN FISHBOWL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP SWASTA SIDIKALANG https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/368 <p>Salah satu masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan saat ini yaitu masih lemahnya proses pembelajaran yang berimbas terhadap <em>output </em>lulusan yang kurang berkualitas. Berbagai faaktor yang menyebabkan rendahnya kualitas pendidikan diantaranya adalah ketidak tepatan guru dalam memilih model pembelajaran sehingga cenderung pembelajaran itu menjadi membosankan dan pada akhirnya berdamak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini akan memberikan gambaran dan analisis tentang implementasi model pembelajaran fishbowl dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Swasta Sidikalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (<em>field research), </em>dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model <em>fishbowl </em>dalam pembelajaran PAI telah meningkat secara signifikan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil belajar siswa yang berada pada kategori “Baik” dengan nilai rata-rata 80, 39</p> Rahmadani Rahmadani Copyright (c) 2022 Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/368 Fri, 26 Aug 2022 00:00:00 +0700