METODE PEMBELAJARAN FISHBOWL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP SWASTA SIDIKALANG
Keywords:
Metode Fishbowl, Hasil BelajarAbstract
Salah satu masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan saat ini yaitu masih lemahnya proses pembelajaran yang berimbas terhadap output lulusan yang kurang berkualitas. Berbagai faaktor yang menyebabkan rendahnya kualitas pendidikan diantaranya adalah ketidak tepatan guru dalam memilih model pembelajaran sehingga cenderung pembelajaran itu menjadi membosankan dan pada akhirnya berdamak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini akan memberikan gambaran dan analisis tentang implementasi model pembelajaran fishbowl dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Swasta Sidikalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model fishbowl dalam pembelajaran PAI telah meningkat secara signifikan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil belajar siswa yang berada pada kategori “Baik” dengan nilai rata-rata 80, 39