METODE PEMBELAJARAN FISHBOWL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP SWASTA SIDIKALANG

Authors

  • Rahmadani Rahmadani Dosen STAIS Sidikalang

Keywords:

Metode Fishbowl, Hasil Belajar

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan saat ini yaitu masih lemahnya proses pembelajaran yang berimbas terhadap output lulusan yang kurang berkualitas. Berbagai faaktor yang menyebabkan rendahnya kualitas pendidikan diantaranya adalah ketidak tepatan guru dalam memilih model pembelajaran sehingga cenderung pembelajaran itu menjadi membosankan dan pada akhirnya berdamak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini akan memberikan gambaran dan analisis tentang implementasi model pembelajaran fishbowl dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Swasta Sidikalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model fishbowl dalam pembelajaran PAI telah meningkat secara signifikan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil belajar siswa yang berada pada kategori “Baik” dengan nilai rata-rata 80, 39

Downloads

Published

2022-08-26

How to Cite

Rahmadani, R. (2022). METODE PEMBELAJARAN FISHBOWL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP SWASTA SIDIKALANG. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 114–120. Retrieved from https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/368

Issue

Section

Articles