Hubungan Guru dan Murid Menurut KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Âdâb Al-‘âlim Wa Al-Muta`allim dan Implementasinya

Authors

  • Irwansyah Irwansyah Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Hotni Sari Harahap Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Rizky Rabbani Universitas Al Washliyah UNIVA Medan

Keywords:

Implementasi, Kitab Âdâb Al-‘Âlim Wa Al-Muta`Allim, Guru, Murid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pemikiran KH. Hasyim Asy`ari tentang akhlak guru dan murid dalam pembelajaran dan implementasi pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang hubungan guru dan murid dalam tradisi pembelajaran di SMP IT Dewani Akbar. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kepustakaan (library research), melalui sumber data primer dan sekunder dengan pengumpulan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pemikiran KH. Hasyim Asy`ari tentang akhlak guru dan murid dalam pembelajaran menurut KH.Hasyim Asy’ari yaitu hubungan guru dan murid dibangun atas dasar penghormatan yang besar dari murid dan cinta kasih yang tulus dari sang guru serta dalam implementasinya akhlak guru dan murid di SMP IT Dewani Akbar telah dilaksanakan dengan baik di lingkungan SMP IT Dewani Akbar khususnya bukan hanya dalam proses belajar mengajar saja tapi mencakup semua kegiatan di dalamnya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kemajuan Ilmu pendidikan, khususnya menyangkut konsep Akhlak guru dan murid dalam pendidikan Islam.

 

Downloads

Published

2022-08-22

How to Cite

Irwansyah, I., Harahap, H. S. ., & Rabbani, R. (2022). Hubungan Guru dan Murid Menurut KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Âdâb Al-‘âlim Wa Al-Muta`allim dan Implementasinya . Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 93–99. Retrieved from https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/262

Issue

Section

Articles