Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di MTs Islamiyah Petangguhan

Authors

  • Nikmah Royani Harahap Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Putri Wulandari Universitas Al Washliyah UNIVA Medan

Keywords:

Kompetensi Kepribadian, Guru PAI, Pembinaan Akhlak, Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI, usaha yang dilakukan guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa dan faktor penghambat dan pendukung guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sedangkan metode analisasi data yang digunakan adalah analisis deskripsi kualitatif. Berdasarkan hasil analisa data, dapat disimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa dapat dikatakan baik dan maksimal. Adapun usaha yang dilakukan guru PAI dengan mengunakan metode pembiasaan, paksaan atau penekanan, nasihat dan keteladanan. Adapun faktor penghambat guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa di antaranya adalah faktor pendidik, peserta didik dan faktor lingkungan di luar sekolah, sedangkan faktor pendukungnya yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran dan adanya kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di sekolah. Semoga penelitian ini bermanfaat untuk bahan evaluasi dalam melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar (PBM) di sekolah, dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru dan membina akhlak siswa sehingga mencapai tujuan pendidikan.          

Downloads

Published

2022-08-19

How to Cite

Harahap, N. R. ., & Wulandari , P. . (2022). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di MTs Islamiyah Petangguhan. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 85–92. Retrieved from https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/261

Issue

Section

Articles