Penerapan Metodel Bil Qolam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Siswa Kelas VII MTs. Ummul Qura Tembung
Keywords:
Metode Bil Qolam, Kemampuan membaca, Al Qur’an, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi Metode Bil qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alqur’an Siswa, hingga tingkat kemampuan membaca Alqur’annya serta faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Bil Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alqur’an siswa kelas VII MTs. Ummul Qura Tembung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, melalui sumber data primer dan skunder serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data meliputi reduction, data display, dan conclusion drawing/verification, dengan uji keabsahan data melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik dan trangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi metode Bil Qolam dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist, dilaksanakan dengan empat tahapan yakni pembukaan selama 5 menit, kegiatan talqin dan Ittiba’ selama 10 menit, ‘urdhoh selama 20 menit, dan ‘urdhoh atau dril secara individu selama 25 menit. Sehingga rata-rata hasil kemampuan membaca Alqur’an siswa MTs Ummul Qura sebesar 75,61 dalam kategori baik. Adapun faktor penghambat proses hafalan Alqur’an siswa yaitu peserta didik, suasana belajar, siswa dan minimnya jumlah guru Alqur’an hadits di MTs Ummul Qura. Denga demikian Ppenelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi dan masukan khususnya bagi guru dan umumnya bagi seluruh lembaga pendidikan dalam kaitannya dengan hal-hal yang menyangkut program menghapal Alqur’an.