Pengaruh Integrasi Imtak Dan Iptek Terhadap Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Authors

  • Hasnil Aida Nasution Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Ida Wati Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Eka Zuliana Universitas Al Washliyah UNIVA Medan

Keywords:

Integrasi, Imtak, Iptek, Pembelajaran IPS

Abstract

Pembelajaran IPS memiliki pengaruh yang cukup besar dalam internalisasi IMTAK dan implementasi IPTEK. Dasar inilah yang menjadikan tujuan penelitian, untuk melihat bagaimana pengaruh pengaruh integrasi IMTAK dan IPTEK dalam pembelajaran IPS terkhusus di MTs. Al-Jamiyatul Washliyah Pulau Gambar Kecamatan Serbajadi Kabupaten Serdang Bedagai, melalui penelitian kuantitatif, dengan pengumpulan data menggunakan penyebaran angket dan dibantu oleh alat analisis statistik yakni SPSS Versi 20.0. Hasil Penelitian menunjukkan adanya pengaruh integritas IMTAK dan IPTEK dalam Pembelajaran IPS, dibuktikan dengan hasil uji t, nilai thitung  lebih > dari ttabel yaitu 5,831 831  lebih > dari 2,030 dan hasil uji f lebih kecil dari 5% atau 0,05 atau nilai Fhitung = 33,684 > Ftabel 3,27 (df1= k-1=3-1=2) sedangkan (df2 = n – k (38-3=35), koefisien determinan (R) yaitu 0,806  (80,6%). Sehingga 80,6% variasi variabel terikat X1 dan X2 pada model dapat menjelaskan variabel Y, sedangkan sisanya 19,4% dipengaruhi variabel lain di luar model.

Downloads

Published

2022-08-11

How to Cite

Nasution, H. A. ., Wati, I. . ., & Zuliana, E. . (2022). Pengaruh Integrasi Imtak Dan Iptek Terhadap Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 48–59. Retrieved from https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/257

Issue

Section

Articles