Pembentukan Perilaku Keagamaan Melalui Budaya Sekolah Di SMPS Islam Terpadu Al-Fauzi Di Jalan Garu 2 Medan

Authors

  • Fiha Najhifah Purba Universitas Al Washliyah Medan
  • Khairuddin Lubis Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Halimatun Syakdiyah Universitas Al Washliyah UNIVA Medan

Keywords:

Pembentukan, Perilaku Keagamaan, Budaya Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan perilaku keagamaan melalui budaya sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif, instrument penelitian yang digunakan yaitu perekam suara handphone, panduan observasi, dan panduan wawancara, metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peserta didik di SMPS Islam Terpadu Al-Fauzi Medan sudah memiliki perilaku keagamaan yang baik dengan terlaksananya kegiatan ibadah rutin disekolah, guru-guru menjadi tauladan yang baik bagi peserta didik, menasehati, mengingatkan, mendisiplinkan, dan memotivasi. Guru harus memberikan perilaku yang baik terutama dalam perilaku beragama dengan mencontohkan bagaimana meningkatkan ibadah dan menjalankan kegiatan yang lainnya agar peserta didik memiliki perilaku agama yang baik. 2) Bentuk kegiatan keagamaan di SMPS Islam Terpadu Al-Fauzi Medan yaitu, membaca al-qur’an  di awal belajar, shalat dhuha berjamaah, shalat dzuhur berjamaah, melaksanakan peringatan hari-hari besar Islam untuk meningkatkan wawasan siswa tentang sejarah, nilai, dan norma agama Islam yang berkembang di masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang.dan pesantren kilat setiap di bulan ramadhan. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang ada  di sekolah maka dapat membentuk perilaku keagamaan peserta didik.

Downloads

Published

2022-08-08

How to Cite

Purba, F. N. ., Lubis, K. ., & Syakdiyah, H. . (2022). Pembentukan Perilaku Keagamaan Melalui Budaya Sekolah Di SMPS Islam Terpadu Al-Fauzi Di Jalan Garu 2 Medan. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 36–47. Retrieved from https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/256

Issue

Section

Articles