Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Kualitas sekolah di SD PAB 21 Lubuk Pakam

Authors

  • Cindy Febrianti Universitas Al Washliyah Medan
  • Yulia Warda Universitas Alwashliyah Medan

Keywords:

Kompetensi Guru, Kualitas, Sekolah

Abstract

Guru sebagai pekerja professional harus menfasilitasi dirinya dengan seperangkat pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan tentang keguruan, selain harus menguasai subtansi keilmuan yang ditekuni. Namun, kenyataannya masih banyak guru yang belum melaksanakan tugasnya sesuai harapan. oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru dalam meningkatkan mutu sekolah dan bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kompetensi di SD Swasta PAB 21 Lubuk Pakam, melalui  penelitian kualitatif., dengan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi serta metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi Guru dalam meningkatkan kualitas sekolah ini para tenaga pendidik memiliki kompetensi yang baik dan melakukan tugasnya dengan sangat baik sesuai peraturan disekolah. Para guru dapat meningkatkan kompetensi dalam mengajar serta menjadikan sekolah yang bermutu. Dalam meningkatkan efektifitas belajar para guru dapat memotivasi kepada para peserta didik terlebih dahulu, dan para guru harus dapat menjadikan ruang belajar menjadi nyaman. Maka, upaya yang dilakukan dalam mengembangkan kompetensi guru di SD Swasta PAB 21 dengan mengikut sertakan tenaga pendidik mengikuti program pendidikan dan pelatihan, baik yang di selenggarakan di dalam maupun di luar sekolah.

Downloads

Published

2022-08-02

How to Cite

Febrianti, C. ., & Warda, Y. . (2022). Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Kualitas sekolah di SD PAB 21 Lubuk Pakam. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 14–21. Retrieved from https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/254

Issue

Section

Articles