Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Akidah akhlak

Authors

  • Anggraeni Anggraeni Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • M. Syukri Azwar Lubis Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Fitri Yulia Universitas Al Washliyah UNIVA Medan

Keywords:

Profesionalisme Guru, Motivasi Belajar, Akidah Akhlak

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, bagaimana motivasi belajar siswa pada bidang studi Akidah Akhlak dan bagaimana problematika guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Mts. Islamiyah Petangguhan. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data memalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan ialah reduksi data, penyajian data kualitatif serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Profesionalisme guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs. Islamiyah Petangguhan dengan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, metode, media variasi, pujian dan penilaian karya siswa, serta menciptakan persaingan dan kerjasama, menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan perhatian kepada siswa. 2) Motivasi belajar di MTs Islamiyah Petangguhan Galang pada mata pelajaran Akidah Akhlak bersifat fluktuatif, dan berbeda-beda bentuk motivasi antar siswa. 3) Problematika guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Islamiyah Petangguhan Galang, yaitu kurangnya sumber belajar dan disiplin siswa. penelitian ini diharapkan agar guru senantiasa meningkatkan kompetensi profesionalismenya dalam proses belajar mengajar

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Anggraeni, A., Lubis, M. S. A. . ., & Yulia, F. . (2022). Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Akidah akhlak. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1–13. Retrieved from https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/253

Issue

Section

Articles