UPAYA PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU RUMPUN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS. AL-MANAR
Keywords:
Pembinaan, Pengembangan, Profesionalisme Guru, Pedidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru rumpun mata pelajaran pendidikan agama Islam, bagaimana pembinaan profesionalisme guru rumpun mata pelajaran pendidikan agama Islam, serta bagaimana pengembangan profesionalisme guru rumpun mata pelajaran pendidikan Agama Islam di MTs. Al-Manar Medan Johor. Adapun metode yang digunakan yaitu metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara, dan dokumentasi dan teknis analisa data menggunakan reduction, data display, dan conclusion drawing/verification, yang selanjutnya pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Profesionalisme guru PAI di MTs Al-Manar Medan mengacu pada kompetensi pedagogi, sosial, kepribadian, dan kepribadian. 2) Pembinaan profesionalisme guru dengan melakukan supervise klinis mengikuti seminar, simposium, pelatihan. KKG, PPG dan MGMP. Adapun pengembangan profesionalisme guru dengan peningkatan kualifikasi pendidikan guru di MTs Al-Manar Medan Johor 80% telah memiliki kualifikasi yang dipersyaratkan oleh pemerintah, sedangkan pada guru yang belum mengikuti sertifikasi, selanjutnya melalui program pelatihan. Penelitian ini diharapkan memberikan kontibusi bagi pendidikan untuk mengembangkan dan meningkatkan profesionalitasnya, dan bagi kepala sekolah agar berusaha mengikut sertakan guru dalam setiap pembinaan yang diadakan guna keberhasilan pendidikan.