IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP AWAL KARYA PEMBANGUNAN KECAMATAN LUBUK PAKAM
Keywords:
Implementasi, Pembelajaran Daring dan Luring, Covid-19Abstract
Kegiatan belajar mengajar di dalam kelas merupakan sebuah proses yang harus dilalui oleh guru dan murid untuk mencapai tujuan bersama di dalam sebuah pembelajaran sehingga apa yang dituju dan diharapkan bisa tercapai. Akan tetapi sejak mewabahnya virus covid-19 serta pemberlakuan sosial distancing menjadikn proses pembelajaran dialihkan menjadi tatap muka. Tentunya dalam pelaksanaan pembelajaran daring menimbulkan problematika yang baru dalam dunia pendidikan, sehingga lembaga pendidikan membuat kebijakan kombinasi pembalajaran daring dan luring guna mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriftif yaitu menjelaskan fenomena dilapangan tanpa mengubah data yang ada, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknis analisis data melalui reduksi data, klasifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya kombinasi pembelajaran daring dan luring memberikan dmpak positif pada hasil belajar siswa, dan tingkat stress yang terjadi ketika pembelajaran daring dapat di tertangani. SMP Awal Karya Pembangunan Lubuk Pakam menggunakan strategi pembelajaran “blended learning”, dilaksanakan 3 hari untuk daring dan 3 hari untuk luring. Guru berusaha harus bisa melakukan pembelajaran yang bersifat kreatif dan inovatif sehingga transfer of knowledge terlaksana dengan baik